Headline

Wabup H Edyanto Arkan Membuka Secara Resmi MTQ ke XlV 2019 Tingkat Kabupaten Kubar

×

Wabup H Edyanto Arkan Membuka Secara Resmi MTQ ke XlV 2019 Tingkat Kabupaten Kubar

Sebarkan artikel ini

Kutai Barat, faktapers.id – Secara resmi, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XIV Tahun 2019 tingkat Kabupaten Kutai Barat (Kubar, Kaltim, di Kampung Srimulyo, Kecamatan Sekolaq Darat, telah dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kubar, H Edyanto Arkan SE, Senin (11/11/2019) malam.

Sebanyak 13 kafilah secara resmi akan saling bersaing untuk menjadi juara dalam ajang MTQ tingkat kabupaten tersebut. Bupati Kubar, FX Yapan SH Tumenggung Singa Praja dalam sambutannya dibacakan oleh Wabup H Edyanto Arkan SE mengungkapkan, bahwa tujuan MTQ adalah untuk menciptakan masyarakat yang mencintai Al-Quran.

“Namun tujuan hakikinya adalah untuk menguatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, toleransi dan saling menghargai antar sesama,” urai Wabup H Edyanto Arkan membacakan sambutan Bupati FX Yapan dari panggung utama dilapangan sepak bola Kampung Srimulyo.

Bupati FX Yapan berpesan kepada umat muslim se-Kubar, agar melalui MTQ tersebut bukan hanya ajang untuk lomba meraih prestasi. Namun lebih jauh dalam kehidupan sehari-hari perlu diamalkan.

“Dengan membaca, mendengarkan, serta mengamalkan nilai-nilai Al-Quran untuk kehidupan sehari-hari. Sehingga tercipta kehidupan bersama yang selaras dengan lingkungannya dan Sang Pencipta,” bebernya.

Bupati juga menegaskan, jika generasi yang menguasai teknologi dan dibarengi dengan keimanan serta takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka akan menjadi generasi yang kuat.
“Perkembangan zaman dengan munculnya budaya-budaya baru, kadang tidak selaras dengan kehidupan masyarakat yang ada,” tutur Wabup.

“Dengan MTQ ini akan membangun kecintaan terhadap kitab suci Al-Quran. Sehingga bisa menjadi filter terhadap budaya moderen yang tidak sesuai,” tukasnya.

Bupati juga menyebut melalui MTQ itu diharapkan filter diri masyarakat semakin kuat. Termasuk antisipasi terhadap berita hoaks yang kian hari mersahkan masyarakat agar bisa di tepis.

“Berita hoaks itu sangat bertentangan dan dilarang dalam Al-Quran. Menyebarkan kebohongan adalah dosa. Hoaks bisa mengakibatkan orang terpojok dan tersudut.,” beber Wabup.

“Dengan mengucapkan Basmallah,maka secara resmi MTQ ke-XIV Tingkat Kabupaten Kabar tahun 2019 ini secara resmi saya nyatakan dibuka,” tandas Wabup H Edyanto Arkan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana MTQ XIV Tahun 2019 tingkat Kabupaten Kubar, Suwila Erpina yang juga Camat Sekolaq Darat mengatakan, MTQ merupakan agenda rutin tahunan Pemkab Kubar.

“Sebagai upaya pengembangan mental dan spiritual keagamaan. MTQ bukan sekedar beradu bakat keahlian membaca atau menghapal Al-Quran saja. Tetapi peran penting menanamkan nilai pendidikan dan pengjaran akhlak,” katanya.

Dia juga mengungkapkan, melalui MTQ tersebut diharapkan tercipta insan yang berakhlaq mulia, bervisi jauh kedepan dalam membina dan mengembangkan nilai falsafah ajaran Al- Quran.

“Yakni menguatkan semangat persatuan dan kesatuan masyarakat, toleransi antar sesama, membangun Kubar menju Hari Esok Yang Lebih Baik Daripada Hari Ini, dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika,” ungkapnya.

Suwila Erpina mengatakan, MTQ ke XlV ini merupakan juga merupakan ajang seleksi agar dapat melahirkan Qori dan Qoriah yang berkualitas. Sehingga nantinya akan menjadi delegasi Kubar untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Timur pada 2020 di Kota Bontang.

“Peserta MTQ XIV ini berjumlah 359 orang, pendamping dan official, dewan hakim dan panitera 351 orang.Jumlahtotal sebanyak 710 orang,” tandasnya.

Hadir pula dalam acara itu Ketua DPRD Kubar Ridwai, Wakapolres Kompol Sukarman SH, Perwakilan Kodim 0912/KBR Kapten Arm Syamsul Dhuha, Kepala Kantor Kementerian Agama Kubar HM Izzal Solihin, para anggota DPRD Kubar, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, unsur Forkopimda, unsur Muspika, serta hadirin undangan.

Adapun jenis yang diperlombakan dalam MTQ XIV Tingkat Kabupaten Kubar tahun 2019 diantaranya :

A. Tilawah:

1. Tartil Al-Quran. 2. Tilawah anak-anak, 3. Tilawah Remaja, 4. Tilawah Dewasa, 5. Qira’at Mujawwad remaja, 6. Qira’at Mujawwad dewasa, 7. Qira’at Murottal remaja, 8. Qira’at Murottal dewasa.

B. Tahfidz:

1. Tahfidz 1 Zus dan Tilawah. 2. Tahfidz 5 Zus dan Tilawah. 3. Tahfidz 10. Zus, 20 Zus dan 30 Zus. C.Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ). D. Musabaqah Syahril Qur’an (MSYQ). E. Musabaqah Khattil Qur’an (MKQ) terdiri Naskah, Dekorasi, Hiasan Mushab dan kontemporer. F. Musabaqah Makallah Alqur’an (MMQ). (adv/iyd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *