oleh

Bupati Bonifasius Jadi Irup Peringati HUT ke-6 Mahulu 14 Desember 2019

Mahakam Ulu, faktapers.id – Tak terasa Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu 14 Desember 2019, genap berusia enam tahun. Mahulu menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) sejak mekar dari induknya, Kabupaten Kutai Barat (Kubar) pada 14 Desember 2013 silam.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Mahulu dilaksanakan oleh Pemkab Mahulu dengan menggelar Upacara di Lapangan Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Sabtu (14/12/2019).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, dengan peserta para pelajar, siswa-siswi sekolah, para pegawai dilingkup Pemkab Mahulu, para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta seluruh stakeholder.

Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh SH dalam sambutannya mengatakan, dengan bertambahnya usia Mahulu, sebagai isyarat langkah menuju dewasa. Untuk itu kata Bupati, berbenah diri adalah langkah menuju pembangunan Mahulu untuk semua, sejahtera berkeadilan.

“Mahulu dimekarkan berdasarkan Undang-undang RI No 2 tahun 2013. Memiliki wilayah dengan luas 15.315 kilometer persegi. Terdiri 5 kecamatan dengan sebaran 50 kampung, merupakan pemekaran dari Kabupaten induknya, Kubar,” ujar Bupati.

Bupati mengingatkan semua pihak, usia ke-6 tahun mengisyaratkan bahwa pertambahan usia kabupaten itu perlu pemikir banyak untuk bersama membangunnya kedepan.

“Perjalanan panjang menuju kedewasaan. Untuk itu maka perlu instropeksi diri, sehingga pembangunan berkelanjutan Mahulu semakin maju kedepan,” ungkapnya.

Dipaparkan Bupati, sejak awal berdirinya DOB Mahulu, peringatan HUT-nya dilaksanakan pada bulan Mei setiap tahun. Tetapi sejak 2019, diperingati pada 14 Desember.

“Sejak peringatan HUT ke-6 ini, dilaksanakan pada 14 Desember. Karena pada tanggal dan bulan terserbut ditandatangani Undang-undang Penetapan Mahulu sebagai kabupaten pemekaran dari Kabupaten Kubar,” ucapnya.

Bupati berharap momen HUT ke-6 Mahulu dijadikan sebagai evaluasi. Bahkan diharapkan menumbuhkan motivasi untuk terus membangun Mahulu untuk semua secara berkeadilan.

“Saya berpesan kepada jajaran pemerintah kampung, para petinggi kampung dan BPK, untuk memperlihatkan komitmen dalam pelaksaaan program Gerakan Pembangunan Masyarakat Sejahtera (Gerbang Mas),” tegasnyu.

“Sehingga pembangunan bidang infrastruktur di 50 kampung se-Mahulu dapat terbangun dengan baik,” tukasnya.

Bupati juga menegaskan, di usia ke-6 tahun ini, memang diakui bahwa belum semua harapan pembangunan Mahulu dapat terealisasi hingga saat ini. Namun hal itu perlu di maklumi, karena usia Mahulu yang masih belia.

“Beragam jenis fasilitas perkotaan mulai kita datangkan ke Mahulu secara bertahap hingga ke kampung. Menciptakan sesuatu yang belum ada, perlu pembenahan. Untuk menuntaskan semua pembangunan itu, maka perlu di perkuat kapasitas kelembagaan,” ungkapnya.

Bupati Bonifasius berharap seluruh kelembagaan mulai dari kampung, kecamatan, hingga kabupaten se-Mahulu dapat terus menguatkan kordinasi dan komunikasi.

“Misalnya melalui program Alokasi Dana Kampung (ADK), maka pemerintah kampung perlu perkuat koordinasi dengan kecamatan dan DPPMK,” urainya.

Bupati juga membeberkan sejumlah keberhasilan Pemkab Mahulu dalam pembangunan daerah itu. Terutama pada 50 kampung, yakni pembangunan jembatan dan jalan.

“Khusus pada 2019 ini, Pemkab Mahulu telah membangun infrastruktur berupa semenisasi jalan kampung sepanjang 24 KM, jembatan kampung sepanjang 719 KM, drainase kampung sepanjang 2 KM, prasarana air baku kampung sebanyak 191 unit,” tuturnya.

“Juga ada rehab rumah tidak layak huni sebanyak 312 unit,tambatan perahu sebanyak 15 unit, pembangunan fasilitas listrik kampung sebanyak 35 unit, juga peningkatan keterampilan bagi aparatur kampung,” imbuhnya.

Dipenghujung sambutannya, atas nama pribadi, keluarga, dan Pemkab Mahulu, Bupati Bonifasius Belawan Geh mengucapkan Dirgahayu ke-6 Mahulu Tahun 2019.

“Selamat Ulang Tahun ke-6 Kabupaten Mahulu Tahun 2019,” pungkasnya.

Hadir pula dalam upacara itu Sekretaris Daerah Mahulu Yohanes Avun, Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan SE MBA, Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putrea SIK MH, Dandim 0912 Kubar Letkol Inf Anang Sofyan Effendi, Kajari Kubar Wahyu Triantono, para pejabat teras Pemkab Mahulu dan Kubar, sejumlah anggota DPRD Mahulu, para kepala OPD se-Mahulu, para camat, petinggi kampung, kepala adat kampung dan kecamatan, para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta seluruh stakeholder se-Mahulu. (iyd)

Komentar

News Feed