oleh

Destinasi Wisata Menarik, Water Park Wonoboyo Telan Anggaran 1,7 M

Klaten, faktapers.id – Sejumlah desa di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah berupaya mengembangkan sektor pariwisata melalui Dana Desa. Desa yang mengalokasikan dana desa ini merupakan kategori wilayah berkembang. 

Salah satu desa itu yakni Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. Pemerintah desa setempat telah menghabiskan dana desa sebesar Rp1,7 milyar untuk membangun ‘Water Park Wonoboyo’. Lokasi tempat wisata untuk anak-anak itu berada 100 m tidak jauh dari kantor kelurahan setempat. 

“Water Park Wonoboyo dibangun berawal dari penemuan emas dan sesuai Perda Klaten No.31/2011 maka dibangun museum situs bersejarah,” ujar Kepala Desa Wonoboyo, Supardiyono, usai peresmian Water Park oleh Bupati Klaten Sri Mulyani,Jumat, (6/12/19). 

Belum genap setahun, Supardiyono mengakui lokasi wisata itu belum maksimal. Kedepannya pihak pemerintah desa masih akan menambah fasilitas Outbound dan dilengkapi dengan wisata kuliner. Minggu depan wahana ini sudah mulai dibuka, harga tiket masuk ke wisata cukup terjangkau yaitu Rp2 ribu. 

“Untuk menunjang daya tarik pengunjung ke Wonoboyo selain melihat museum dan situs, akan dilengkapi wahana bermain lainnya diatas lahan seluas 6000 m ,” ungkapnya. 

Dana Desa untuk membangun ‘Water Park Wonoboyo’ ini terbilang besar. Sebab, dana desa yang digelontorkan pada tahun pertama 2017 sebesar Rp600 juta, tahun kedua 2018 Rp 550juta dan tahun ketiga sebesar Rp 600juta.
Sisa dana selain membangun obyek wisata itu digunakan membangun infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. 

Sementara itu, Supardiyono merencanakan pembangunan obyek wisata tambahan. “Obyek wisata ini akan dikelola BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) sebagai pemasukan desa dan bekerja sama dengan masyarakat,” ungkapnya. 

Perlu diketahui, pada tahun 1990 sebagai penanda desa Wonoboyo ditemukan situs emas yang spektakuler seberat 35kg. Dari upaya membangun museum dan wahana wisata ini, Sang Kades berharap, potensi atau nama Wonoboyo bisa terangkat kembali dan tentunya dari usaha tersebut bisa menambah penghasilan masyarakat sekitar dengan cara ikut berjualan disekitar lokasi wisata. (Madi)

Komentar

News Feed