oleh

Diskominfo Majalengka Adakan Seminar Jurnalistik Untuk Tingkatkan SDM

Majalengka, faktapers.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Majalengka bekerja sama dengan Persatusn Wartawan Indonesia (PWI) menggelar kegiatan seminar jurnalistik bagi mahasiswa, OKP dan wartawan yang bertempat di Gedung KNPI Majalengka, Senin (2/12/2019).

Seminar jurnalistik menghadirkan narasumber dari Ketua PWI Majalengka Jejep Falahul Alam, dengan mengambil tema strategi jurnalisme kekinian membangun citra dan kepercayaan publik.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Majalengka Maman Sutiman melalui Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Komunikasi, Ria Restiana didampingi Kepala Seksi Kemitraan Media, Muhidin.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Majalengka Maman Sutiman diwakili Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Komunikasi, Ria Restiana mengatakan, bahwa saat ini telah terjadi perubahan yang sangat besar di masyarakat termasuk kebutuhan informasi.

“20 tahun lalu peran media masih sangat minim, akan tetapi sekarang sangat banyak sekali informasi yang tersebar di masyarakat dengan kemajua teknologi internet. Hal ini menjadi fenomena tantangan dan peluang baik media jurnalistik, media massa maupun media sosiol. Untuk itu perlu adanya kontrol atau penyaringan dari sebuah berita, ” kata Ria.

Sambung dia, di zaman sekarang ini sebuah berita belum tentu benar terutama di dunia maya, mana berita benar dan mana berita bohong. Untuk itulah perlu adanya kontrol moral dan etika sebelum sebuah berita disampaikan.

“Diskominfo senantiasa memberikan sosialisasi bagaimana menggunakan internet sehat dan bagaimana menangkal berita hoax. Dengan melalui seminar ini selain untuk edukasi tentang dunia jurnistik bagi mahasiswa, Okp dan wartawan juga untuk meningkatkan SDM,” katanya.

Ditambahkan Kasi Kemitraan Media Diskominfo Kabupaten Majalengka Muhidin, bahwa jumlah peserta seminar ini, ada 100 orang untuk membangun sinergitas kemitraan dalam membangun Majalengka Raharja.

Sementara itu, narasumber dari Ketua PWI Majalengka Jejep mengatakan, bahwa sesuai dengan temanya yakni strategi jurnalisme kekinian membangun citra dan kepercayaan publik maka seorang wartawan harus mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Selain itu harapannya, agar peserta seminar bisa melakukan aktivitas kejurnalistikan sesuai dengan undang undang yang berlaku.(Lintong Situmorang)

Komentar

News Feed