Kolinlamil Peringati Hari Nusantara 2019 “Laut Indonesia Untuk Kemakmuran Seluruh Rakyat”

×

Kolinlamil Peringati Hari Nusantara 2019 “Laut Indonesia Untuk Kemakmuran Seluruh Rakyat”

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Satya Wira Jala Dharma. Prajurit dan PNS Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) laksanakan upacara peringatan Hari Nusantara 2019 di Lapangan Mulyono Silam, Mako Kolinlamil, Jakarta, Jumat (13/12). Bertindak sebagai inspektur upacara Inspektur Kolinlamil (Irkolinlamil) Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom, S.E., M.Si (Han). Sedangkan komandan upacara Mayor Laut (P) Uji Agus Nugroho yang sehari-hari berdinas di Staf Potensi Maritim (Spotmar) Kolinlamil.

Dalam amanat tertulis yang dibacakan Irkolinlamil, Menteri Koordintor Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan konsep Archipelagic State yang dicetuskan Ir. H. Djuanda atau dikenal Deklarasi Djuanda pada 13 Desember 1957 menegaskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mempunyai kedaulatan penuh terhadap perairan antar pulau.

“Deklarasi Djuanda akhirnya masuk dan ditetapkan dalam konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui United Nation Convention On Law Of The Sea atau UNCLOS pada tahun 1982 yang mengakui konsep negara kepulauan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Deklarasi Djuanda memiliki arti yang sangat penting bagi Bangsa Indonesia dimana deklarasi ini telah melahirkan konsep wawasan nusantara yang dapat mempersatukan seluruh wilayah tanah air dan keutuhan NKRI. Laut bukanlah merupakan pemisah pulau-pulau diseluruh nusantara, tetapi sebagai perekat dan pemersatu kedaulatan negara.

Ditambahkan pula, konsep wawasan nusantara harus diimplementasikan melalui segenap kehidupan yang mendorong bangkitnya wawasan dan budaya bahari dengan mengubah cara pandang orientasi daratan (continental oriented) ke orientasi kelautan (ocean oriented) dan pemahaman mengenai wawasan nusantara harus terus dikembangkan.

“Peringatan Hari Nusantara merupakan sarana penguat Wawasan Nusantara dan sarana mengembangkan potensi daerah seperti menjadi destinasi pariwisata nasional maupun internasional. Kota Pariaman dipilih sebagai tuan rumah peringatan Hari Nusantara yang ke-19 yang dipusatkan di Pantai Gandoriah karena memiliki keindahan alam dan sejarah perjuangan bangsa.,” urai Menteri Airlangga Hartarto dalam amanatnya.

“Di pantai ini terdapat Monumen Perjuangan yang menggambarkan pentingnya Kota Pariaman dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dengan adanya monumen tersebut, diharap dapat selalu menggelorakan jiwa generasi penerus agar tidak kehilangan karakter dan jati diri sebagai bangsa maritim yang besar, sekaligus menambah daya tarik wisata di Kota Pariaman.”, tegas Menteri Koordinator Perekonomian yang dibacakan Irkolinlamil.

Diakhir amanatnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan tema “Hari Nusantara 2019 “Nusantaraku Berdaulat, Indonesiaku Maju’”. Juga menjelaskan tujuan dari peringatan Hari Nusantara Nasional, selain untuk mempererat tali silaturahmi di antara masyarakat Indonesia, acara ini juga diharapkan bisa mengembangkan minat memperingati hari-hari besar untuk menumbuhkan nasionalisme bagi masyarakat.

Juga sekaligus untuk mensosialisasikan prinsip-prinsip Indonesia sebagai negara kepulauan. Dan juga untuk mensosialisasikan makna wawasan nusantara sebagai manifestasi deklarasi Juanda.

Puncak peringatan hari Nusantara tahun 2019 di dipusatkan di Kota Pariaman, Sumatera Barat. Upacara dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri kabinet kerja, serta para Kepala Staf Angkatan.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan ekonomi kelautan dengan mengikutsertakan peran serta masyarakat dalam bentuk UKM.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat mewujudkan sistem pertahanan yang handal yang dapat mempertahankan dan menjaga NKRI. Dalam upacara tersebut, turut dihadiri para Asisten Pangkolinlamil, para Kadis Kolinlamil, Komandan Satlinlamil Jakarta dan para Komandan KRI dijajaran Satlinlamil Jakarta. (Han)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *