Headline

ARN Ajak Da’i Muhammadiyah Membangun Ekonomi Umat Melalui Masjid

×

ARN Ajak Da’i Muhammadiyah Membangun Ekonomi Umat Melalui Masjid

Sebarkan artikel ini

Makassar, faktapers.id – Bakal calon walikota Makassar, Abdul Rachmat Noer, mengajak para da’i dan muballigh Muhammadiyah membangkitkan ekonomi Islam melalui masjid.

Caranya, para muballigh memberikan pengetahuan tentang ekonomi Islam kepada pengurus masjid melalui pengajian-pengajian rutin. Selain itu para nazir masjid atau pengurus masjid perlu memiliki pengetahuan tentang manajemen Baitul Mal.

Hal tersebut disampaikan Abdul Rachmat Noer saat memberikan pembekalan kepada peserta Refreshing Da’i dan Pelatihan Munalligh Muhammadiyah yang dilaksanakan Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel di Pusdiklat Universitas Muhammadiyah Makassar, Bollangi Kab. Gowa, Sabtu (18/01/2020).

Rachmat menilai tema pengajian yang disampaikan para da’i lebih fokus kepada masalah Fikh, akhlak, tafsir, Hadits, keluarga sakinah. Sementara tema seperti ekonomi Islam masih sangat jarang dijumpai.

“Akibatnya, banyak pengurus masjid tidak memiliki pengetahuan mengelola Baitul Mal yang menjadi basis ekonomi Islam di masjid,” tutur Rachmat.

Menurut Rachmat, fungsi masjid di zaman Rasululllah SAW tidak hanya sekedar sebagai pusat peribadatan tetapi juga pusat pemberdayaan Ummat melalui Baitul Mal.

Dan konsep Baitul Mal ini masih relevan diterapkan dewasa ini. Masih tetap up to date, ungkap ARN.

“Sayangnya, banyak masjid tidak memiliki Baitul Mal padahal fungsi dan peran lembaga ini sangat strategis untuk membangkitkan ekonomi Islam. Jika ingin membangun ekonomi Islam, harus diawali dan berpusat di masjid. Itu kiatnya,” tutur Rachmat.

Namun untuk semua itu, Ummat harus diajak agar lebih sering berjamaah di masjid. “Masjid akan menjadi pusat apapun jika jamaahnya penuh, jika Ummat yang tinggal disekitar masjid melakukan shalat berjamaah di masjid. Jika masjidnya masih kosong, sulit membangun ekonomi Islam,” ungkap Rachmat yang juga Wakil Bendahara Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel.(Anchank)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *