oleh

Lantik 3 Guru Besar Rektor Undiksha Singaraja Dihadiahi Dengan Gedung Terbakar

Singaraja. Bali, faktapers.id– Gedung FIP.A miliki Kampus Undiksha Singaraja dilahap si jago merah Rabu (15/1) mulai pukul 08.00 Wita.

Ditengah melaksanakan kegiatan jalan sehat Dies Natalis ke 27 Undiksha Singaraja,seluruh mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) yang berada diareal kampus geger mendengar suara ledakan yang sangat keras dari salah satu ruangan di Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan tersebut.

Staf di Undiksha Singaraja, Made Astawa yang kali pertama mengetahui adanya ledakan menuturkan, saat itu telah selesai melakukan persembahyangan dan keluar dari dalam gedung, namun tiba-tiba saja terdengar suara ledakan yang disertai dengan api.

“Selesai sembahyang menuju keluar untuk sembahyang keluar ada ledakan api besar sekali, api yang besar betul-betul besar dari dalam ruangan, segitu saja yang saya tahu, kemudian saya berteriak karena api yang besar,” ujar Made Astawa kepada awak media.

Tidak berselang lama, tiga armada mobil Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Buleleng dengan 8 personil telah mendatangi lokasi kebakaran untuk melakukan penanganan dan berjibaku.

“Kobaran api sangat besar terlihat di lorong Gedung belakang FIP, bahkan sejumlah petugas pemadam kebakaran terpaksa memecahkan sejumlah jendela kaca.Pemicu terjadinya kebakaran hingga meludeskan Ruangan Laboratorium Bimbingan Konseling (BK) masih dalam penyelidikan jajaran Polres Buleleng,” tukasnya.

Petugas Damkar yang berhasil memadamkan api dalam satu jam, namun pada beberapa ruangan masih terlihat adanya kepulan asap hingga dilakukan upaya pendinginan.

Kadis Pemadam Kebakaran Buleleng, Nyoman Agus Jaya Sumpena yang ikut turut evakuasi menjelaskan, tiga armada diturunkan langsung, karena melihat kondisi kampus yang gedungnya berdekatan dan pasukan sudah cepat melakukan penanganan tinggal sekarang.
“Kita melakukan pendinginan di lokasi,” ungkap Nyoman Agus Jaya Sumpena.

Sementara Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd yang melihat langsung musibah kebakaran itu memastikan penyebab adanya ledakan akibat konsleting listrik hingga kemudian memicu adanya kobaran api, bahkan dicurigai munculnya api berasal dari kabel-ka bel yang tidak tertata dengan baik.

“Barangkali ini konsleting saja, bisa saja disebabkan Lab BK itu banyak bahan-bahan yang mudah terbakar, seperti peredam, gabus-gabus itu banyak disana, tetapi lebih kepada kesiapan kabel yang menampung kebutuhan listrik di Lab itu, sudah saya intruksikan aar mengecek semua kondisi kabel,” ujar Jampel.

Upaya penanganan masih dilakukan sejumlah petugas Pemadam Kebakaran di bagian belakang gedung FIP Undiksha Singaraja. Kerugian Materiil diperkirakan Rp.250.000.000 lebih pasalya perlengkapan ruang Labotarium ludes.

Menariknya sebelum musibah tersebut pada Senin (13/1) Rektor Undiksha Singaraja, Prof Dr I Nyoman Jampel MPD melaksanakan pengukuhan 3 guru besar yakni Prof Dr Ni Made Ratminingsih MA, dosen Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Undiksha.

Saat ini, Prof Ratminingsih menjabat sebagai Kepala Kantor Urusan Kerjasama Luar Negeri dan Dalam Negeri Undiksha (sejak 2017).(des)

Komentar

News Feed