oleh

Polres Kubar Beri Sosialisasi dan Pelatihan Persiapan Mendapatkan SIM di Kubar dan Mahulu

Kutai Barat, faktapers.id – Kinerja seratus hari Kepala Polres Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur, AKBP Roy Satya Putra SIK MH, semakin terlihat.

Roy Satya Putra merupakan Mantan Kapolres Kabupaten Paser, menjabat sebagai Kapolres Kubar sejak penghujung November 2019 lalu. Ia mulai menampakkan kinerja dan kerja nyata di Kabupaten Kubar dan Mahakam Ulu (Mahulu).

Diantara kinerja nyata itu yakni, menguatkan peran Satuan Lalulintas (Satlantas) dan seluruh Kepolisian Sektor (Polsek) di dua kabupaten itu.
Terutama menyiapkan agar masyarakat dua kabupaten itu supaya mudah dalam mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Yaitu melakukan upaya penyiapan sebelum masyarakat mengikuti tes uji untuk mendapatkan SIM. Perlu disosialisasikan secara besar-besaran dan diberi pelatihan pendahuluan. Itu dilakukan di seluruh Polsek se-Kubar dan Mahulu,” terang Roy Satya Putra.

Roy Satya Putra berharap, pada 2020 ini angka kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di Kubar dan Mahulu dapat ditekan. Yakni bagi pengendara roda dua dan roda empat, agar mengindahkan semua aturan berlalulintas.

“Saya harapkan pada 2020 ini agar tidak lagi ditemukan pengendara yang saat dijalan raya tidak memiliki SIM dan surqt izin lainnya,” tandasnya.

Perintah Kapolres tersebut dilaksanakan langsung oleh sejumlah Polsek. Diantaranya Polsek Damai, Kubar yang secara rutin telah mensosialisasikan dan melaksanakan pelatihan itu bagi masyarakat.

“Iya kami (Polsek Damai) melakukan sosialisasi terkait persiapan pembuatan SIM jenis C untuk pengendara roda dua itu kepada masyarakat dua kecamatan. Yaitu Damai dan Nyuatan,” ungkap Kapolsek Damai, Iptu Frans T.A kepada Harian Fakta Pers dan faktapers.id, Kamis (16/1/2020) diruang kerjanya.

Salah satu kampung yang telah disosialisakan terkait persiapan pendahuluan pembuatan SIM, yakni Kampung Keay, Kecamatan Damai. Menurut Iptu Frans, sosialisasi tersebut akan merata bergiliran setiap kampung di dua kecamatan yang tercakup di Polsek Damai.

“Tujuannya, sebagai gambaran bagi masyarakat terkait pelatihan dan ujian teori saat akan mengambil atau mengikuti ujian SIM di Mapolres Kubar,” urainya.
“Bhabinkamtibmas Polsek Damai turun kelapangan untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat.

Sehingga nantinya jika mereka (masyarakat) mengikuti ujian SIM di Mapolres, diharapkan sudah memiliki pengetahuan dasar,” tambahnya.

Iptu Frans T.A menambahkan, sosialisasi dan pelatihan dasar untuk persiapan mengikuti ujian mendapatkan SIM tersebut, akan terus berlanjut hingga merata pada seluruh kampung di Kecamatan Damai dan Nyuatan.

“Bergilir pada seluruh kampung. Sehingga saat masyarakat mengurus SIM diharapkan sudah memiliki pengalaman tentang rambu lalulintas dan tes lapangan serta teori,” pungkasnya. (iyd)

Komentar

News Feed