Headline

Sekolah Gratis, SMKN 1 dan 4 Klaten Kembalikan Uang SPP

×

Sekolah Gratis, SMKN 1 dan 4 Klaten Kembalikan Uang SPP

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Program SPP gratis yang digalakkan Pemprov Jawa Tengah mulai tahun ini, disambut baik oleh sekolah dan masyarakat di kabupaten Klaten. Bahkan, sejumlah sekolah di bawah pengelolaan pemprov sudah mulai mengembalikan SPP yang kadung dibayarkan siswanya.

Kepala SMKN 1 Klaten, Narimo mengatakan pihaknya menjadi sekolah pertama di Klaten, yang mengembalikan uang SPP siswanya. Hal itu menyusul kebijakan dari pemprov, untuk mengembalikan uang SPP siswa yang terlanjut dibayarkan.

Menurutnya, SMKN 1 Klaten mengembalikan kelebihan bayar SPP untuk kelas X, XI dan XII sebanyak 93 siswa dengan total uang mencapai Rp 30juta.

Narimo menjelaskan, sesuai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan soal pengembalian uang SPP, pihaknya sudah langsung menyikapi dengan baik. Hal ini menjadi inisiatif dari pihak sekolah, di dalam mendukung program pendidikan gratis di Jateng.

“Kami SMKN 1 Klaten telah mengembalikan kelebihan bayar SPP, mulai dari bulan Januari dan seterusnya. Ada sekitar 90 anak yang kelebihan bayar, dengan total Rp 30 juta. Ini kita kembalikan kepada yang berhak, karena pak gubernur sudah menginstruksikan bahwa pendidikan di Jawa Tengah gratis,” kata Narimo, diruang kerjanya, Selasa (14/1/2020).

lebih lanjut ia menjelaskan, di sekolah yang dipimpinnya sebagian orang tua sudah membayar SPP selama setahun atau enam bulan sejak awal tahun ajaran baru. Pihaknya akan mengembalikan uang SPP yang terlanjur dibayarkan orang tua siswa.

Sementara, Kepala SMKN 4 Klaten Eko Subadri menyatakan, uang SPP di sekolahnya sebesar Rp75 ribu per siswa. Setelah keluar aturan baru dari pemprov, sekarang SPP Nol rupiah.

“Pemberlakuan SPP gratis di Jawa Tengah ini sangat meringankan beban masyarakat. Uang yang tadinya untuk bayar SPP, bisa buat perlengkapan sekolah yang lainnya,” ujar Eko. (Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *