Pastikan Kesehatan Terjamin, Petugas Puskesmas Keliling Posko Pengungsian

×

Pastikan Kesehatan Terjamin, Petugas Puskesmas Keliling Posko Pengungsian

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Pemerintah Kota Jakarta Utara memastikan warga terdampak genangan mendapatkan fasilitas kesehatan. Terutama bagi warga yang saat ini tinggal sementara di posko pengungsian.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Yudi Dimyati mengatakan, petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) baik tingkat kelurahan dan kecamatan menyisir sejumlah lokasi pengungsian. Memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada warga yang mengalami gangguan kesehatan.

“Petugas Puskesmas kecamatan dan kelurahan bergerak menuju lokasi pengungsian di masing-masing wilayah tugas,” kata Yudi, saat dikonfirmasi, Sabtu (8/2).

Dijelaskannya Suku dinas Kesehatan Jakarta Utara belum menugaskan petugas untuk mendirikan pos kesehatan (Poskes) di lokasi pengungsian. Hal itu dikarenakan jumlah pengungsi masih dibawah 100 orang.

“Untuk Poskes kita belum ada di pengungsian karena jumlah pengungsi masih kurang dari 100 orang,” jelasnya.

Meski begitu, dipastikannya pelayanan kesehatan yang diberikan petugas maksimal. Bahkan sistem rujukan diberlakukan bagi warga yang tidak dapat ditangani petugas di lapangan.

Salah satunya, rujukan diberikan kepada seorang warga yang diindikasikan mengalami gangguan kesehatan saraf. Petugas merujuknya untuk segera ditangani di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja.

“Kami juga memberikan PMT (Program Makanan Tambahan) bagi balita dan ibu hamil yang saat ini mengungsi,” tutupnya.(Tajuli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *