oleh

Puskesmas Cigayam Gelar Sosialisasi dan Evaluasi Kespro Catin

Ciamis, faktapers.id – Bertempat di ruang pertemuan kantor Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, UPTD Puskesmas Cigayam menggelar Sosialisasi dan evaluasi Kespro calon pengantin,Rabu(26 Feb 2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur muspika kecamatan Banjaranyar, KUA, para kepala desa, para pembantu pegawai pencatat nikah (P3N) beserta perwakilan kader PKK sekecamatan Banjaranyar

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan calon pengantin khususnya Catin perempuan dr. Dini Kinkin Aryanti dalam kesempatannya menjelaskan bahwa kegiatan Kespro Catin meliputi pemeriksaan status gizi, pemeriksaan laboraturium, integrasi program (PMTCT dan TB), pemberian imun TT dan konseling.

Berbagai pemeriksaan ini untuk mengetahui status kesehatan Catin sebelum menikah. Sehingga calon pengantin dapat mempersiapkan diri dalam menjalani kehidupan berkeluarga, termasuk merencanakan kehamilan yang sehat.

Ari Anggaryanto S.Kep, Ners kepala UPTD Puskemas Cigayam lebih lanjut kepada awak media menjelaskan, bahwa dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan semua lembaga (Puskesmas, Unsur muspika, Pemdes, KUA, P3N, serta para kader PKK yang ada di kecamatan Banjaranyar) bisa berperan aktif dan dapat berkoordinasi dengan baik dalam memberikan konseling informasi dan edukasi kepada Catin

Sehingga nantinya selain Catin dapat mempersiapkan diri dalam kehidupan berkeluarga, Catin juga lebih memahami dalam pengelolaan persiapan pernikahan, (pemeriksaan kesehatan serta pencatatan di P3N).

“Semua lembaga terkait nantinya bisa lebih mudah untuk mengakses/mengetahui jumlah Catin yang ada dikurun waktu tertentu, yang pasti manfaatnya akan bisa dirasakan oleh semua lembaga dan Catin itu sendiri,”pungkasnya (Indra)

Komentar

News Feed