oleh

Ada Skenario Pemrov DKi Bila Terjangkit Corona Mencapai Ribuan

Jakarta, Faktapers.id –Bila terjadi lonjakan pasien positif terinfeksi virus corona jika hingga mencapai 8.000 kasus. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengungkap telah ada skenario.

“DKI Jakarta sudah menyiapkan skenario untuk menangani ketika kasusnya berjumlah 500, 1.000, bahkan sampai dengan 8.000 orang terkonfirmasi positif (corona),” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, di Balai Kota, Jakarta, Selasa (24/3).

Ia menerangkan nantinya pasien akan dibagi dalam 3 kelompok. Kelompok 1 adalah orang dengan gejala parah/kritis yang jumlahnya diperkirakan 8 persen dari jumlah keseluruhan pasien.

Kelompok 2 adalah pasien dengan gejala berat yang diperkirakan mencapai 12 persen. Kelompok 3 adalah pasien dengan gejala ringan, diperkirakan 80%.

Kelompok 1 dan 2, kata Widyastuti, akan mendapat perawatan intensif di rumah sakit dengan fasilitas kesehatan yang lengkap.

“Dengan skenario itu, maka yang membutuhkan perawatan intensif adalah 20 persen (kelompok 1 dan 2) pertama,”  terangnya.

“Yang 20 persen pertama akan membutuhkan fasilitas kesehatan lengkap (ventilator, bantuan oksigen, peralatan medis yang intensif) ini levelnya ICU dan IGD untuk 20 persen pasien yang masuk.” tambahnya.

Sementara itu, untuk kelompok 3 bisa dirawat dengan fasilitas kesehatan yang minim.

“Yang 80 persen gejalanya ringan sehingga bisa menggunakan fasilitas yang relatif minim termasuk ke Wisma Atlet atau RS lain,” sebut Wydiastuti.

DKI Jakarta hingga hari ini merupakan provinsi dengan jumlah pasien positif terinfeksi virus corona tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta per Selasa (24/3), tercatat 427 kasus positif corona dan 32 di antaranya meninggal dunia.Uaa

Komentar

News Feed