oleh

Bhabinkamtibmas Polsek Moncongloe Gunakan Metode Problem Solving Selesaikan Perselisihan Warganya

Moncongloe, Faktapers.id –Bhabinkamtibmas Polsek Moncongloe, Polres Maros yang bertindak sebagai pembina di Desa Moncongloe, Kecamatan Moncongloe,  Kabupaten Maros melakukan kegiatan Problem Solving sebagai jalan penyelesaian masalah kesalah pahaman antar warganya, Senin (23/3/20).

Penyelesaian itu dilakukan setelah Bhabinkamtibmas Desa Moncongloe, Aiptu Muh. Said mendapat informasi  tentang adanya permasalahan perkelahian di Perumahan Moncongloe Mas.

Bhabinkamtibmas langsung menuju lokasi untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya pelaku bersama korban dibawa ke kantor Polisi Polsek Moncongloe, guna dilakukan mediasi oleh Bhabinkamtibmas.

Setelah itu  kedua belah pihak pun sepakat untuk berdamai. Dan permasalahan yang dihadapi agar dapat segera dimediasi (Problem Solving).

Selain dihadiri oleh kedua belah pihak yang berselisih paham. Kkegiatan mediasi juga dihadiri oleh keluarga korban dan pelaku serta Ketua RT setempat.

Aiptu Muh. Said menjelaskan, kegiatan problem solving ini bertujuan untuk memfasilitasi warga untuk mencari solusi dari permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat, agar tidak berlarut larut.

Dengan problem solving diharapkan didapatkan solusi terbaik untuk menyelesaikan perselisihan antar warga dengan jalan musyawarah secara kekeluargaan. Dan jika ditemukan solusi, maka dari hasil kesepakatan musyawarah tersebut akan dituangkan diatas surat pernyataan yang ditandatangani oleh kedua belah pihak dan disaksikan oleh pemerintah setempat.

Secara terpisah, Kapolsek Moncongloe Ipda Andi Rahmat Wijaya, S.Sos mengapresiasi atas upaya personilnya dalam meredam konflik antar warganya.

“Kita mengedepankan peran Bhabhinkamtibmas terlebih dahulu untuk melakukan upaya pencegahan.  Salah satunya dengan melakukan problem solving yang dapat dijadikan jurus untuk penyelesaian masalah yang dihadapi oleh warga binaannya,” ungkap Kapolsek. Anchank

Komentar

News Feed