Cegah Covid-19, Lingkungan RW 05 Kelurahan Sunter Agung Sepi Aktivitas

×

Cegah Covid-19, Lingkungan RW 05 Kelurahan Sunter Agung Sepi Aktivitas

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Lingkungan Rukun Warga (RW) 05 Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara nampak sepi dari aktivitas. Warga tengah menerapkan stay at home atau tetap tinggal di rumah guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Ketua RW 05 Sunter Agung, Nurus Shobah (49) mengatakan, warga tengah berupaya mengurangi aktivitas di luar rumah. Sebaliknya, warga memperbanyak aktivitas di dalam rumah sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

“Imbauan demi imbauan kami sampaikan kepada seluruh komponen warga melalui grup WhatsApp pribadi dan Facebook. Mengupayakan warga memahami dan maksimal untuk tetap di rumah dan menjaga jarak,” kata Shobah saat dikonfirmasi, Sabtu (28/3/2020).

Meski nampak sepi, diterangkannya, aktivitas warga untuk memenuhi kebutuhan pokok tetap berjalan normal. Disiplin menjaga jarak fisik dan penggunaan masker diterapkan saat keluar rumah agar terhindar dari virus corona.

“Belanja pokok masih normal. Kebetulan di RW 05 ini cukup variatif. Banyak juga kos-kosan. Alhamdulillah warga menyadari langkah pencegahan Covid-19 apalagi jarak dari Wisma Atlet ke sini hanya sekitar 500 meter,” jelasnya.

Ke depannya, dipastikan RW 05, yang terdiri dari 20 pengurus Rukun Tetangga (RT) ini pun akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) guna memonitor aktivitas warga. Terutama menjaga tiga pintu masuk utama dari warga luar yang berpotensi mengundang aktivitas kerumunan.

Begitu pun Satgas akan memaksimalkan penyemprotan disinfektan mandiri di setiap rumah dari masing-masing RT.

“Yang penting warga tidak panik, tegang, dan kami anjurkan perbanyak ibadah dan berdoa di dalam rumah. Kita juga sudah membuat posko siaga Covid-19 yang berbasis di empat masjid yang ada di RW kami. Kami juga sudah meniadakan dua kali Salat Jumat untuk mencegah penyebaran virus corona ini,” tutupnya. (Tajuli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *