oleh

Cegah Covid-19, Perum Citra III Pegadungan Isolasi Mandiri

Jakarta, faktapers.id – Sejumlah wilayah di Jakarta Barat, mulai terlihat melakukan karantina wilayah. Salah satunya adalah di wilayah Kelurahan Pegadungan Kecamatan Kalideres, Selasa 31/3/2020.

Dari pantauan dilokasi, sejumlah petugas, baik ASN, Satpol PP dan PPSU Kelurahan Pegadungan, tampak terlihat mengecek lokasi yang sudah melakukan isolasi mandiri dengan mengunci pagar lingkungan. Diantaranya di Perumahan Citra 3 RW 13.

Karantina wilayah yang dilakukan Ketua RW 13, Dedi Sutedja tujuannya guna memutus mata rantai penularan wabah virus Corona Deasese. Selain dari itu, Karantina wilayah juga langsung dipantau oleh Lurah Pegadungan, Adith Pratama.

“Karantina wilayah kita lakukan pada jalan jalan utama.Yaitu ada tiga pintu utama dari lima pintu utama yang ada di lingkungan Perum Citra 3,”Kata Ketua RW 13 Dedi Sutedja, Selasa 31/3.

Dedi Sutedja menjelaskan, diwilayah Perumahan Citra 3 RW 13 terdapat 15 RT. Dari 15 RT, yang tidak dilakukan penutupan pagar hanya di blok Cluster.”Jadi yang dibuka hanya dua lintu saja, supaya tidak mengganggu lintasan kendaraan lewat,”ujarnya.

Dikatakan Dedi Sutedja, isolasi mandiri atau karantina wilayah, tujuannya guna memutus rantai penularan wabah Covid 19, sekaligus menindak lanjuti himbauan Gubernur, melalui Walikota, Camat Kalideres dan Kelurahan Pegadungan.

“Selain dari itu, kami juga disini melaksanakan setiap pintu masuk Cluster maupun taman sudah menyediakan tong air berikut sabun serta menjaga kesehatan. Harapan saya, semoga saja permasalahan wabah Covid 19 ini lekas berakhir, supaya masalah perekonomian bisa lancar,” katanya seraya menyebut pihaknya juga berharap agar lingkungan Perum Citra 3 RW 13 dilakukan Rapid tes oleh instansi terkait.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meminta pemberlakuan karantina wilayah DKI Jakarta, demi mencegah penyebaran virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19. Permintaan orang nomor satu dijajaran Pemda DKI itu disampaikan kepada pemerintah pusat.

Akan tetapi, di dalam usulannya itu Anies juga meminta sejumlah sektor usaha tetap bergerak jika karantina wilayah benar-benar diberlakukan.

“Pertama adalah energi, yang kedua adalah pangan, ketiga adalah kesehatan, keempat adalah komunikasi, dan kelima adalah keuangan. Itu yang kami pandang perlu mendapat perhatian,” kata Anies saat konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta yang disiarkan akun YouTube Pemprov DKI, Senin (30/3/2020).(MAN)

Komentar

News Feed