Headline

Cegah Covid-19, SMAN 7 Makassar Laksanakan US di Rumah Berbasis Online

×

Cegah Covid-19, SMAN 7 Makassar Laksanakan US di Rumah Berbasis Online

Sebarkan artikel ini

Makassar, faktapers.id – Menindaklanjuti Surat Edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Corona Virus Disease (COVID- 19). Perihal pembatalan Ujian Nasional.

Sementara Ujian Sekolah secara online dengan cara siswa mengerjakan soal ujian di rumah masing-masing dilaksanakan pada, Senin, 30 Maret hingga Kamis, 2 April 2020.

Melalui saluran WhatsApp, Kepala SMAN 7 Makassar, Drs. Anwar, MM, menjelaskan, berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor. 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat Penyebaran Covid19.

Pada poin 3 bagian B di jelaskan bahwa Ujian Sekolah dapat dilakukan dalam bentuk Portopolio Nilai Rapor dan Prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan Tes Daring, dan/atau bentuk Asesmen jarak jauh lainnya. “Maka SMAN 7 Makassar melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Online,” ucap Anwar.

Berikut petunjuk pelaksanaan Ujian Sekolah berbasis Online SMAN 7 Makassar tahun pelajaran 2019/2020.

Informasi Umum, Pertama, ujian Sekolah ini adalah lanjutan ujian sekolah tanggal 16 Maret 2020 yang tertunda. Kedua, ujian dilaksanakan di rumah masing-masing peserta ujian. Ketiga ujian mengikuti jadwal yang terlampir pada file ini.

Petunjuk selanjutnya, ujian dapat menggunakan Android, Iphone, Laptop, PC selama memiliki koneksi internet dan browser. Kelima, Tidak perlu menggunakan Mobile Exam, cukup menggunakan browser bawaan Smartphone atau PC (Chrome, Firefox, Opera, Safari dll). Keenam, segala sumber informasi dan aduan selama ujian dipusatkan di group Telegram.

Sedangkan informasi teknis, antara lain, Siswa wajib memiliki koneksi internet, Siswa wajib memiliki salah satu perangkat Android, Iphone, PC atau Laptop, Siswa wajib memiliki atau menginstal browser pada perangkat tersebut, Siswa wajib memiliki akun telegram dan join pada group.

Informasi teknis lainnya, siswa wajib memiliki username dan Password USBN (telah dibagikan sebelumnya) jika hilang, dapat melapor pada group telegram. Link ujian mata pelajaran akan dibagikan di group telegram sesuai jadwal ujian terlampir.

“Siswa mengerjakan ujian selama masa durasi mata pelajaran sesuai jadwal. Ujian akan di-closing sesuai jadwal selesai dan siswa sudah tidak dapat mengakses dan mengirim hasil ujian pada mata pelajaran tersebut,” terang Kepala Sekolah SMAN 7 Makassar.

Ia menambahkan, siswa hanya boleh mengerjakan ujian sekali tiap mata pelajaran, jika terdapat lebih dari satu hasil ujian untuk mata pelajaran yang sama, maka diambil hasil ujian pertama. “Info lebih lanjut tetap pantau group Telegram USBN 2020 serta siswa semua Selamat Belajar,” jelas Anwar.

Sekedar info bahwa SMAN 7 Makassar beralamat di Jln. Perintis Kemerdekaan KM. 18 Sudiang. Alamat email [email protected].

Sedangkan jadwan ujian sekolah Kelas XII khusus IPA 1 Tahun pelajaran 2019/2020. Untuk hari Senin, 30 Maret 2020 yang diujikan mata pelajaran pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Biologi dan Matematika Wajib.

“Selasa, 31 Maret 2020 melingkupi, Bahasa Inggris, Prakarya dan Matematika minat. Esok harinya, 1 April 2020 ujian Ekonomi Lintas Minat, Sejarah Indonesia dan Fisika,” sebut Anwar.

Imbuhnya lagi, jadwal ujian pada 2 April 2020 mata pelajaran, Seni Budaya, Pojok dan Kimia.

“Kami (SMAN 7 Makassar) menerapkan kehadiran pengawas ujian sekolah berbasis online, memanfaatkan aplilasi google form,” lanjutnya.

Sebagai Kepala Sekolah akan pelaksanaan ujian sekolah dikerja di rumah masing-masing siswa-siswi secara online untuk pertama kalinya ini, Anwar berpesan agar siswa tetap antusias mengikuti ujian secara online. “Terkendala di jaringan yang terkadang down tetapi dengan pelaksanaan ujian berbasis online ini, mudah-mudahan tidak mengurangi nilai dengan ujian yang dilaksanakan di sekolah,” tukasnya.(anchank)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *