Gubernur Anies Bersama Anggota C40 Ikuti Telekonferensi Bahas Pandemi Corona

×

Gubernur Anies Bersama Anggota C40 Ikuti Telekonferensi Bahas Pandemi Corona

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id — Lebih dari 45 Wali Kota dan Pimpinan Kota anggota C40 bertemu melalui telekonferensi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan serta saling mendukung dalam pengelolaan Covid-19 yang kini telah menjadi pandemi global pada Jumat (27/3/2020) malam.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, ikut serta mengikuti telekonferensi yang juga diikuti oleh para pemimpin kota-kota besar di dunia, seperti Los Angeles, Milan, Seoul, Freetown, London, Paris, Accra, Athena, Austin, Barcelona, ​​Bogotá, Boston, Buenos Aires, Curitiba, Dakar, Dar es Salaam, NCT Delhi, Dubai, Guadalajara, Guangzhou, Heidelberg, Hong Kong, Istanbul, Johannesburg, Kolkata, Lima, Lisbon, Madrid, Montréal, Melbourne, Nanjing, New Orleans, Oslo, Phoenix, Portland, Kota Quezon, Roma, San Francisco, Santiago, Seattle, Singapura, Tokyo, Vancouver, dan Warsawa.

Dalam telekonferensi tersebut, Anies mendorong informasi dan pembelajaran tentang pengujian terkait dengan meningkatkan kemampuan terhadap kasus ini. Ia juga berbagi tentang kondisi di Jakarta dan sejumlah hal yang dilakukan oleh pemerintah di Ibu Kota.

“Saya berbagi pengalaman, mendengarkan pengalaman yang dilakukan pemerintah kota di berbagai belahan dunia dalam telekonferensi ini tentang cara mereka menanggulangi Covid-19. Kami di Jakarta sangat ingin belajar lebih banyak dengan kota-kota besar di dunia yang telah lebih dulu mempercayai Covid-19 ini, ada yang menerapkan penguncian dan ada yang menerapkan tes cepat untuk menerapkan penggunaan Covid-19,” kata Anies.

“Melalui telekonferensi ini, kami belajar meningkatkan kapasitas untuk melakukan pengujian menggunakan metode PCR. Salah satunya, belajar dari Seoul yang sudah menerapkan pengujian seperti ini,” sambungnya.

Anggota C40 Kota lantas disetujui untuk saling memberi dukungan dalam menyelamatkan nyawa penduduk dari virus corona. Selain bersepakat untuk memberi imbauan kepada penduduk kota agar tidak melakukan perjalanan/bepergian, anggota C40 Kota juga akan memberikan bantuan berupa sumber daya yang dibutuhkan di beberapa wilayah anggota C40 Kota.

Wakil Ketua C40 Kota yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Dewan Eksekutif Dubai, Abdulla Mohammed Al Basti, menyampaikan bahwa pandemi global ini telah sangat membantu kolaborasi internasional dan solidaritas.

“Kami melihat negara-negara bertukar pengetahuan, bakat, dan pasokan medis dengan negara lain yang membutuhkan, dengan Tiongkok mendukung upaya berbagi pelajaran dan dukungannya. Ini adalah bukti nyata bagaimana aksi global dapat dimobilisasi dalam waktu singkat kompilasi semua orang fokus pada tujuan yang jelas. Insya Allah, ini akan membantu kita keluar dari krisis ini dengan lebih kuat, lebih sulit, dan lebih tangguh,” ungkap Abdulla.

Seperti diketahui, C40 Kota mengkoneksikan 96 kota terbaik di dunia untuk mengambil tindakan terkait perubahan iklim. Aksi bersama ini diharapkan mampu mewujudkan dunia lebih sehat dan berkelanjutan di masa depan. (Tajuli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *