Jangan Panik, Lakukan Ini 5 Langkah Kunci Hentikan Pandemi Corona dari WHO

×

Jangan Panik, Lakukan Ini 5 Langkah Kunci Hentikan Pandemi Corona dari WHO

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Faktapers.id- Jangan panic, kunci untuk membantu menghentikan penularan penyakit virus corona 2019 alias COVID-19. Berdasarkan penelitian Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan lima langkah. Kelima langkah itu telah dikampanyekan ke seluruh dunia, di antaranya melibatkan para pesepak bola terkenal.

Pesan 5 langkah membantu menghentikan penularan penyakit virus corona 2019 alias COVID-19 diharapkan bisa tersebar luas dengan memanfaatkan para bintang olahraga paling populer di Bumi tersebut. Sebagai catatan, hingga saat ini sudah terkonfirmasi lebih dari 664 ribu kasus infeksi virus penyebab pneumonia akut itu di seluruh dunia. Mereka yang meninggal karenanya sudah hampir 31 ribu orang menurut data dari Johns Hopkins University and Medicine.

Adapun Kelima langkah yang dikampanyekan Lionel Messi, pemain terbaik dunia 2019, dkk, seperti dikutip dari laman resmi WHO, yaitu:

1. Tangan
Dimulai dari tanganmu. Rajin-rajinlah cuci pakai sabun dan air mengalir, atau larutan berbasis alkohol. Ini mudah tapi sangat penting. Karena dengan seperti itu bisa membantu menyingkirkan bakteri dan virus.

2. Siku atau Lengan
Tutup hidung dan mulutmu menggunakan lengan (bagian dalam siku) atau kertas tisu ketika batuk atau bersin. Segera buang tisu di tempat sampah dan cuci tanganmu setelahnya. Droplets atau cipratan dari bersin dan batuk itu membantu penyebaran virus. Lindungi orang-orang sekitarmu.

3. Wajah
Hindari menyentuh apalagi mengusap hidung, mulut dan mata untuk mencegah virus masuk ke tubuhmu. Tangan kita menyentuh begitu banyak permukaan benda dan bisa cepat terkontaminasi virus.

4. Jarak Fisik
Dalam interaksi sosial, ambil satu langkah mundur. Jaga jarak setidaknya satu meter. Ini bisa mencegahmu menghirup droplets dari bersin atau batuk orang lain di sekitar.

5. Tetap di Rumah
Jika kamu merasa sakit, jangan ke luar rumah. Ikuti instruksi yang disediakan otoritas kesehatan setempat. Kenali gejalanya, jika kamu batuk, demam dan sesak napas segera cari pertolongan medis. Uaa/*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *