Headline

Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting: Sudah Seharusnya Pemprovsu Perhatikan Kesejahteraan Dokter, Perawat dan Kesehatan Masyarakat

×

Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting: Sudah Seharusnya Pemprovsu Perhatikan Kesejahteraan Dokter, Perawat dan Kesehatan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

 Medan, Faktapers.id – Ketua DPRD Sumut, Drs Baskami Ginting menegaskan, Pemprovinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) sudah seharusnya memberi perhatian kesejahteraan dan keselamatan para dokter dan tenaga medis yang menangani pasien terkena wabah virua corona atau covid-19.

Menurutnya karena para medis tersebut menaruhkan nyawa dalam menjalankan tugas mulianya. “Perlu ada perhatian khusus dari pemerintah daerah kepada para dokter dan perawat agar semangat mereka tidak kendor melaksanakan tugasnya,” ungkap Baskami Ginting kepada wartawan, Rabu (25/3/2020).

Hal ini disampaikannya dalam menyikapi kerja keras para dokter/tenaga medis melawan virus corona di beberapa rumah sakit di Medan khususnya.

Meski begitu Baskami mengakui, melayani kesehatan dan memberikan pertolongan bagi warga masyarakat baik yang positif covid-19 maupun tidak, sudah merupakan tugas para dokter dan perawat medis. “ Akan tetapi tugas mereka saat ini sangat berat dan beresiko tinggi. Sehingga perlu ada perhatian khusus dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat,” terangnya.

“Kalau perlu, para dokter dan perawat yang menangani pasien virus corona diasuransikan atau diberi insentif. Sebab merekalah ujung tombak dalam menghadapi virus berbahaya ini. tandas Baskami,” tambah Baskami.

Keselamatan para dokter dan tenaga medis, lanjutnya, juga perlu menjadi perhatian serius, dengan menyediakan alat pelindung dari serangan. Karena penularan virus corona sangat cepat, berbahaya dan mematikan bagi setiap manusia yang tertular.

“Kalau dirinya tidak dilindungi dengan peralatan yang lengkap, bagaimana dokter bisa menangani pasien secara maksimal. Dokter dan perawat juga manusia yang tidak kebal dari serangan virus. Silahkan cek di setiap rumah sakit, apakah sudah lengkap alat-alat pelindung. Jika belum ada, segera lengkapi, jangan terhenti hanya terkendala keterbatasan anggaran,” paparnya.

Menurut Politisi PDI Perjuangan Sumut ini, Pemprovsu bisa menggunakan anggaran pendahuluan yang nantinya akan dialokasikan di P-APBD 2020. “Kalau untuk menyelamatkan rakyat, tidak masalah diambil anggaran pendahuluan. Karena situasi sudah emergency gawat darurat dan dewan siap membantu dan mendukung anggaran tersebut pada pembahasan P-APBD 2020,” tegasnya.

Baskami mengingatkan, bahwa sekecil apapun bantuan dan perhatian kita terhadap masyarakat sangat-sangat dibutuhkan saat ini. “Saya selaku warga kota Medan Sumut membagi bagikan Jamu Sehat sebagai aksi peduli Covid -19. Dengan harapan masyarakat dapat menjaga kesehatan dan immunitas,” ujarnya.

Dengan gerakan aksi peduli covid-19 ini, kita harapkan masyarakat Sumut dapat menjaga stamina dan immunitasnya juga  keluarga. Sehingga produk jamu seperti ini dapat dibuat sendiri di rumah,” pungkas Baskami Ginting kepada wartawan Faktapers.id fp03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *