Headline

Komonitas TJK Spearfishing Buleleng Bersihkan Trumbu Karang Pantai Tejakula

1393
×

Komonitas TJK Spearfishing Buleleng Bersihkan Trumbu Karang Pantai Tejakula

Sebarkan artikel ini
IMG 20200308 WA0047

Singaraja.Bali.Faktapers.id– Melihat kondisi banyaknya sampah plastik di pesisir laut maupun rusaknya habitat terumbu karang membuat Komunitas TJK Spearfishing Buleleng Bali terpanggil.

Komunitas yang bergerak sebagai pecinta lingkungan ini dan komandoi Gede Wiriawan, kemudian langsung melakukan bersih-bersih sampah.

Puluhan kantong plantik maupun botol bekas berhasil dipungut baik yang berada ditrumbu karang maupun dipesisir dan nantinya sampah tersebut akan dikirm ke DLH Buleleng.
IMG 20200308 WA0048
“Kami menyelenggarakan bersih pantai dan trumbu karang sudah mendapat ijin dari Kades Tejakula dan Pokdasmawas , Pokdarwis. Kami pilih kawasan pantai Tejakula karena kondisi karang sudah memprihatinkan akibat sampah kiriman dari hulu lari kesungai sehingga berdampak pada laut. Kalau tidak kita yang membersihkan siapa lagi yang kita suruh peduli, kita mulai dari desa sendiri sebelum sampai nantinya kedesa tetangga,” ucap Ketua komonitas TJK Spearfishing Buleleng Bali Gede Wiriawan ketika dikonfirmasi faktapers.id, kemarin.

Diungkapkan Gede, berdirinya komunitas TJK Spearfishing Buleleng Bali ini di Banjar Dinas Kelodan Desa Tejakula. Komunitas TJK Spearfishing bergerak dibidang pencinta lingkungan terutama laut yang ada di Buleleng.

“Sasaran kami nanti akan sampai kepantai daerah barat Buleleng, Made Darmika berharap kedepan komonitas TJK Spearfishing terus aktif bergerak dibidang pencinta lingkungan, selain membersihkan pantai juga ikut terlibat berpartisipasi di Desa,”tukasnya.

Gede menghimbau masyarakat yang ada di hulu untuk peduli lingkungan dalam mengurangi pembuangan sampah ke sungai, karena berdampak dari kotoran pantai akan berpengaruh dengan pengurangan tingkat kunjungan wisatawan.

”Masyarakat yang di hulu lebih sadarlah untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah kesungai, dan pilah sampah plastik tersebut atau kubur,”imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Tejakula Gede Diarsa, sangat mengapresiasi positif atas kepedulian Komunitas TJK Spearfishing Buleleng Bali terhadap pesisir pantai.

”Kontribusi positif yang diberikan oleh komunitas tersebut kami sangat mendukungnya, masalah sampah yang dibuang masyarakat atau kiriman tetap akan kita berikan teguran untuk masyarakat. Karena pantai yang bersih akan menjadi daya tarik wisatawan”tuturnya.

Sisi lain Kasat Pol Airud Polres Buleleng AKP I Wayan Parta dikonfirmasi juga turut memberikan apresiasi, melihat gereget Komunitas TJK Spearfishing Buleleng Bali bergerak dan peduli lingkungan di Pesisir Pantai Desa setempat.

“Aktifitas komunitas tersebut merupakan kegiatan positif. Nantinya komunitas ini akan kita kumpulkan untuk ikut menjaga para habitat laut yang dilindungi negara terutama mengawasi para penyu yang telah di tebar dibeberapa pesisir pantai,”pungkasnya.(Des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *