oleh

Menko Polhukam Mahfud Sebut Masih Butuh Banyak APD

Jakarta, Faktapers.id – Untuk menangani virus Corona, Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan saat ini Indonesia sedang membutuhkan banyak alat pelindung diri (APD).

Menurut Mahfud, meski sudah ada 19 ribu stok APD, tapi dirasa masih kurang. “(Stok APD) tidak mencukupi, kita memerlukan jutaan, bahkan atau sekurang-kurangnya ratusan ribu.

Diungkapkannya, dalam rapat tadi, kalau diperkirakan secara pesimistis, misalnya situasi ini kan berlangsung sampai sekian bulan itu, kita memerlukan jutaan. “Kemarin kita agak cemas juga, karena kita kekurangan APD. Nah, sekarang pemerintah sudah mempunyai jalan,” kata Mahfud saat teleconference bersama wartawan, Jumat (27/3/2020).

Mahfud mengungkapkan ada beberapa rumah sakit yang tidak kebagian ventilator, sehingga banyak pasien corona tidak bisa terselamatkan.

“Menurut catatan, memang yang gagal sembuh itu mereka yang tidak kebagian ventilator karena masih antre dan sebagainya, barangnya kurang. Nah, ini akan sedang kita datangkan,” terangnya.

Mahfud menyatakan stok APD yang siap berasal dari dalam negeri dan sebagian dari luar negeri. Dan pemerintah akan berupaya melengkapi kebutuhan petugas medis yang menangani Corona.

“Pertama, ada APD yang diproduksi dari luar negeri. Dari dalam negeri, banyak yang sudah siap, dalam waktu dekat sudah mulai dan juga ada beberapa yang impor dari luar negeri untuk memenuhi keutuhan APD bagi petugas-petugas pelayanan medis, baik dokter maupun perawat dan lain-lain, itu sudah sekarang. Pemerintah baru saja rapat tadi seharian ini, dan semuanya sudah siap. Insyaallah dalam waktu yang nggak lama, bukan hanya APD, tapi ventilator juga,” papar  Menkopolhukam. Uaa

Komentar

News Feed