oleh

Pemkot Bekasi Rapid Test Massal 365 Tenaga Medis di Stadion Patriot

Bekasi, faktapers.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melakukan rapid test (tes cepat) massal terhadap warganya guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Rapid test hari pertama, Rabu (25/3/2020) digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, khusus untuk tenaga medis. Sebanyak 365 tenaga medis Kota Bekasi menjalani pemeriksaan darah.

“Hari ini kita ambil tes yang pertama adalah tim medis kesehatan,” kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Rabu (25/3/2020).

Rahmat memberi arahan secara langsung, saat pelaksanaan rapid test. Tes darah dilakukan untuk memastikan para tenaga medis ini benar-benar negatif dari Covid-19. Para tenaga medis diberi pembekalan berupa simulasi metode rapid test yang akan diterapkan ke rumah-rumah warga.

Ratusan tenaga medis tersebut terdiri dari 65 analis kesehatan dan 300 petugas puskesmas dibantu Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 12 kecamatan se-Kota Bekasi. Nantinya, para tenaga kesehatan ini melakukan tugas secara door to door ke rumah warga yang diduga memiliki riwayat Covid-19.

“Tenaga medis ini, dipastikan kesehatannya apakah negatif atau positif, sebelum memeriksa kesehatan warga secara door to door,” katanya

Dia menjelaskan, pemeriksaan rapid test diprioritaskan kepada warga yang sudah dinyatakan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Berdasarkan data terbaru, ODP sebanyak 180 dengan rincian, 151 orang proses pemantauan dan 29 orang selesai pemantauan. Sedangkan, PDP sebanyak 86 orang. Adapun rincianya 78 orang masih dirawat dan delapan orang pulang dan sehat. Sedangkan, 15 warga Kota Bekasi saat ini dinyatakan positif terinfeksi virus corona. (uaa)

Komentar

News Feed