Headline

Peneliti Temukan Obat Baru yang Ampuh Tangkal Corona

×

Peneliti Temukan Obat Baru yang Ampuh Tangkal Corona

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Peneliti menemukan makanan baru yang dianggap mampu menangkal penyebaran virus corona (Covid-19). Jika sebelumnya jahe disebut bisa mencegah, kali ini ubi ungu disebut ampuh.

Kabar mengenai jahe dapat menjadi obat pencegah Covid-19 membuat harganya melonjak tinggi. Namun belakangan, ternyata ubi ungu juga bisa menangkal virus corona. Mengonsumsi ubi dapat meningkatkan imunitas dalam menghadapi Covid-19.

Hal itu dikatakan Kepala Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) Kementerian Pertanian (Kementan), Yuliantoro Baliadi. Yuliantoro mengajak masyarakat untuk mulai mengonsumsi ubi ungu tersebut.

Menurutnya, ubi ungu sangat bagus dikonsumsi karena mengandung antosianin pemecahan senyawa beracun yang dapat menambah kekebalan dan kebugaran tubuh.

“Kunci utama dalam memberikan perlindungan daya tahan tubuh terhadap virus adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung antosianin. Salah satunya lewat ubi ungu,” ungkap Yuliantoro, Sabtu (21/3/2020).

Sejak 2014, lanjut dia, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balitkabi telah melepas ubi ungu unggulan dengan nama varietas Antin 3. Varietas tersebut memiliki kadar antosianin tinggi yaitu 150,7 mg atau 100 g (bb).

“Ubi ungu varietas Antin 3 adalah varietas unggulan yang mengandung kadar antosianinnya tinggi, bahkan lebih tinggi dari varietas yang berasal dari Jepang yaitu varietas Ayamurasaki,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) Kementan, Haris Syahbuddin menjelaskan, ubi ungu adalah panganan fungsional yang kelebihannya sangat bermanfaat untuk kesehatan.

“Berdasarkan deskripsinya, selain ubi ini memiliki kadar antosianinya tinggi, juga memiliki potensi hasil yang tinggi yaitu 30,6 t/ha dan umur panennya 4 – 4,5 bulan. Varietas ini jiga agak tahan penyakit kudis, tahan hama boleng, toleran kekeringan dan cocok ditanam pada lahan tegalan atau sawah sesudah tanaman padi,” kata Haris.

Untuk diketahui, virus corona adalah jenis virus mematikan karena mampu menular secara cepat dari manusia ke manusia lainya.

Virus ini menular melalui batuk atau bersin orang yang terpapar. Sampai saat ini belum ada vaksin maupun obat yang biasa mengobati penyakit ini.

Kendati demikian, banyak juga yang telah pulih karena sistem kekebalan tubuhnya dapat melawan virus corona.

“Virus corona adalah virus yang menguji daya tahan tubuh, jadi untuk meningkatkan daya tahan tubuh di saat merebaknya virus corona harus mengkonsumsi makanan yang mengandung antosianin,” pungkasnya. (uaa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *