Puskesmas Tingkat Kecamatan dan Kelurahan Se-Jakarta Utara Dilengkapi Alat Cuci Tangan

960
×

Puskesmas Tingkat Kecamatan dan Kelurahan Se-Jakarta Utara Dilengkapi Alat Cuci Tangan

Sebarkan artikel ini
IMG 20200310 WA0035

Jakarta, faktapers.id – Seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) tingkat kecamatan dan kelurahan se-Jakarta Utara dilengkapi dengan alat pencuci tangan. Hal ini sebagai langkah antisipasi penyebaran berbagai kuman, bakteri dan virus termasuk virus Corona (COVID-19) di ruang publik.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Yudi Dimyati mengatakan, alat pencuci tangan telah tersedia di 6 Puskesmas tingkat kecamatan dan 41 Puskesmas tingkat kelurahan. Alat pencuci tangan ini ditempatkan di depan gedung puskesmas atau sebelum pintu masuk.

“Kami menginstruksikan agar setiap Puskesmas tingkat kecamatan dan kelurahan memasang alat pencuci tangan. Saat ini alat pencuci tangan tersebut saat ini sudah dipasanga oleh petugas,” kata Yudi, saat dikonfirmasi, Selasa (10/3).

Dipastikannya, alat pencuci tangan tersebut menggunakan air mengalir berupa selang atau pipa. Tak luput setiap alat pencuci tangan juga disediakan sabun cair sebagai zat pembersih kuman, bakteri dan virus.

“Alat pencuci tangan ini tidak disediakan handuk karena akan menjadi sumber penyakit jika digunakan bersama,” jelasnya.

Diterangkannya, setiap petugas, pengunjung maupun pasien wajib mencuci tangan sebelum memasuki gedung Puskesmas. Ketersediaan alat pencuci ini juga sebagai edukasi masyarakat agar terbiasa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Petugas keamanan akan mengarahkan siapa saja yang mau masuk ke gedung Puskesmas untuk mencuci tangan terlebih dahulu,” tutupnya.(Tajuli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *