RI Borong 500 Ribu Alat Tes Corona dari China

×

RI Borong 500 Ribu Alat Tes Corona dari China

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Pemerintah Republik Indonesia melalui perusahaan milik BUMN PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) akan memborong alat untuk menguji virus corona atau rapid test yang didatangkan langsung dari China.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, RNI memesan sebanyak 500 ribu unit rapid test virus corona dari China.

“Ini RNI yang pesan, tapi kami menunggu izin dari Kementerian Kesehatan. Kalau sudah bisa langsung kami bisa kirimkan rapid test corona dengan cepat kemana-mana,” katanya lewat video conference seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (18/3/20).

Arya menerangkan, alat tersebut dapat mendeteksi gejala awal virus corona. Waktu yang dibutuhkan pun cukup singkat yakni 15 menit hingga 3 jam. Jika hasil rapid test mengindikasikan pasien positif tertular virus corona, maka ia dapat melanjutkan kepada tes laboratorium.

“Tapi paling tidak dengan rapid test orang ada kepastian awal. Jadi indikasi virus corona bisa ketahuan dengan rapid test. Kalau sudah ada kecenderungan virus corona langsung tes laboratorium pakai swab itu,” ungkap Arya.

Nantinya, ia berharap dengan kehadiran alat tersebut bisa mengurangi antrian panjang pasien di rumah sakit. RNI telah mengajukan surat izin kepada Kementerian Kesehatan sejak 10 Maret lalu.

Lebih lanjut, alat rapid test akan didistribusikan oleh BUMN. Namun, ia belum merinci wilayah distribusinya nanti. Terkait harga alatnya, ia menuturkan cenderung lebih murah ketimbang di RS.

Jika alat tersebut terbukti efektif membantu pasien, maka pemerintah membuka peluang untuk kembali mendatangkan dari China. Saat ini, Indonesia belum dapat memproduksi alat tersebut karena waktu yang cenderung terbatas sementara virus corona telah menyebar. Ke depan, ia tidak menutup kemungkinan alat tersebut dapat diproduksi oleh ilmuwan di Indonesia.

“Mereka sanggup (memasok lagi), karena mereka bisa produksi 150 ribu pcs per hari. Hingga Selasa (17/3), tercatat 172 pasien dinyatakan positif virus corona. 9 orang diantaranya sembuh dan 7 orang lainnya meninggal dunia. (Ilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *