oleh

Untuk Mencegah COVID-19 Bupati Pesibar Bentuk Gugus Tugas Pencegahan

Pesisir Barat, faktapers.id – Dalam rangka penanggulangan wabah penyakit serta, antisipasi covid – 19 pemerintah Kabupaten Pesisir Barat beserta jajaran serta stakeholder yang ada, melakukan pembentukan gugus tugas untuk mengantisipasi penyebaran virus corona masuk ke Kabupaten Pesibar di ruang Or selasa (24/03/2020)

Hadir dalam acara pembentukan gugus tugas tersebut, Bupati Pesibar DR.Drs.Hi.Agus Istiqlal, SH.MH,Sekda Pesibar,Kajari Lambar, Dandim O422 Lambar, Kapolres lambardi wakili oleh Kabag Ops, Cabjari Krui, Danramil – Kapolsek Pesisir Tengah, Kepala OPD beserta seluruh para camat.

Bupati Pesisir Barat Dalam sambutan nya mengatakan, sekarang dalam kewaspadaan tinggi terkait dengan adanya Virus Corona, atau dalam istilah COVID-19.

“Saya berharap seluruh instansi terkait agar saling berkoordinasi dalam hal penanggulangan penyebaran Virus Corona, juga saya instruksikan kepada Kepala Dinas, agar untuk sementara jangan dulu bepergian jauh keluar dari wilayah Pesisir Barat ini, guna untuk mempersempit penyebaran Virus ini,” ajak Bupati.

“Untuk para Pejabat, Bupati menginstruksikan,” Agar membuka diri terhadap masyarakat dengan cara, tolong Hp selalu diaktifkan 24 jam penuh, agar masyarakat selalu bisa untuk melaporkan jika ada kejadian seseorang dengan gejala yang mencurigakan, mereka bisa melaporkan kepada pejabat terkait atau instansi terkait lain nya,”ujar Bupati.

Untuk mencegah meluasnya penyebaran Virus ini, semua gugus tugas yang dibentuk ini. Nantinya benar benar bekerja secara efektif, jangan sampai ada miss comonication dilapangan, masing masing mengerti akan tugasnya, agar para penderita cepat ditangani seandainya ada yang terpapar Virus tersebut.

“Bagi para rekan rekan Media kalian adalah sebagai ujung tombak dalam hal penyampaian Informasi baik melalui Media cetak, maupun Online Pemerintah berharap banyak kepada rekan- rekan sekalian untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat, tentang Bahayanya penyebaran Virus Corona dalam kehidupan masyarakat sehari hari selain itu, Wartawan juga dapat menangkal Berita Hoax yang dihembuskan orang orang yang tidak bertanggung jawab, yang dengan senghaja untuk memperkeruh suasana sehinga, membuat masyarakat panik serta situasi menjadi kacau,”tukasnya.

Untuk informasi bagi masyarakat, Dinas kesehatan Pesisir Barat telah menyiapkan dua ruangan isolasi untuk penanganan COVID-19 di RSUD KH.M,Tohir, jika situasi mulai tidak stabil Bupati memberikan solusi penambahan ruangan memanfaatkan Puskesmas yang ada di Pekon Gunung Kemala.

Sekda juga telah memesan masker dari djogyakarta untuk memenuhi kebutuhan bagi masyarakat Pesisir Barat, stok didinas kesehatan saat ini yang disampaikan oleh jajaran nya.

Untuk masker sebelumnya ada 74 boks, saat ini tinghal separo lagi dari jumlah diatas tersebut. Untuk Hand sanitazer tersedia tinggal 20 botol lagi, jika memang kurang nantinya pemerintah Kabupaten Pesibar akan berkoordinasi lagi dengan pemerintah Provinsi dalamhal penambahan alat- alat yang diperlukan.

”Untuk penyemprotan disinspektan akan dilakukan serentak pada hari Kamis mendatang, untuk mempersempit ruang penyebaran Virus, juga untuk mengurangi rasa panik masyarakat khususnya Pesisir Barat.Bupati juga menginstruksikan agar Sekolah atau pondok pondok pesantren juga dilakukan penyemprotan disinspektan untuk meminimalisir penyabaran,” ujarnya. (Edi)

Komentar

News Feed