8.317 Warga Banten Akan Dapat Bantuan Program Keselamatan 2020

×

8.317 Warga Banten Akan Dapat Bantuan Program Keselamatan 2020

Sebarkan artikel ini

Serang, faktapers.id – Korps Lantas (Korlantas) Polri menggelar launching Program Keselamatan 2020, Rabu (15/4/2020). Acara itu terlaksana berkat kerja sama dengan Bank BRI.

Program tersebut di-launching langsung oleh Kakorlantas Polri di Gedung NTMC Polri melalui video conference, yang diikuti oleh para Dirlantas Polda dan Kepala Cabang Kantor BRI serta perwakilan pengemudi (supir).

Untuk diketahui, Program Keselamatan 2020 ini merupakan salah satu kebijakan strategis yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo.

Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Wibowo menjelaskan, program keselamatan ini merupakan kerja sama Polri dengan BRI, yang berupa bantuan sosial dan dipadukan dengan pelatihan untuk mendukung keamanan, keselamatan, ketertiban serta kelancaran lalu lintas.

“Ada sekitar 8.317 orang yang sudah terdata oleh Polda Banten dan jajaran polres untuk di Wilayah hukum Polda Banten yang mendapat bantuan Program Keselamatan,” kata Wibowo, Rabu (15/4/2020).

Lebih lanjut Wibowo menyampaikan bahwa data yang menerima bantuan yaitu mitra lalu lintas yang memiliki dampak ekonomi yang drastis akibat Covid-19. Oleh karena itu, mitra lalu lintas seperti pengemudi-pengemudi bus, taksi, truk, angkot, ojek konvensional, andong, becak, kernet, bajaj atau bemo akan dibantu dengan program tersebut.

“Nantinya ada bantuan yang kami berikan berupa uang sebesar Rp 600 ribu perbulan/perorang selama tiga bulan melalui tabungan Britama untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga,” ungkapnya.

Selain bantuan sosial juga akan diadakanpelatihan untuk mendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

“Kegiatan pelatihan akan dilaksanakan selama 3 bulan dengan materi berbeda-beda dan dilakukan bedasarkan imbauan aspek pencegahan Covid-19, seperti jaga jarak aman dan membatasi peserta setiap pelatihan, pelatihan yang pertama dilakukan dengan materi protokol tata cara pencegahan Covid-19, lalu bulan selanjutnya dengan materi safety riding, dan bulan ketiga materi tentang etika berlalu lintas,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BRI wilayah Banten Edia Handiman mengatakan bahwa Bank BRI ikut membantu dalam penyediaan rekening dan memanfaatkan dana untuk mitra lalu lintas Polri dalam bentuk tabungan Britama.

“Semoga dengan program ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta bisa membantu meringankan beban masyarakat, khususnya yang terdampak Covid-19,” ujarnya. (uaa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *