Asisten SDM Kapolri Luncurkan Buku Manajemen SDM

×

Asisten SDM Kapolri Luncurkan Buku Manajemen SDM

Sebarkan artikel ini

Masuk ke Bab V, penulis dengan spesifik menguraikan manajemen SDM strategis (Strategic Human Resource Management) yang mengaitkan manajemen SDM dengan sasaran strategis organisasi.

Untuk Bab Vl, membahas tentang human capital sebagai aset dan keunggulan kompetitif organisasi. Lalu pada Bab VII profil Kompetensi SDM pada Era Industri 4.0 membahas tentang perkembangan era industri 4.0, tantangan dan dampaknya terhadap kompetensi dan strategi pengembangan SDM.

Tak hanya itu, memasuki Bab VIII, penulis menuliskan soal perspektif kontemporer dalam manajemen SDM membahas tentang pengembangan SDM berbasis kompetensi, Human Resources Scorecard suatu paradigma baru dalam pengukuran kontribusi SDM terhadap organisasi, bagaimana membangun “customerdriven organization” yang mengedepankan pentingnya kepuasan masyarakat sebagai pelanggan organisasi.

Lalu, Bab IX Ukuran efektivitas Manajemen SDM membahas tentang keberhasilan organisasi sebagai ukuran efektivitas manajemen SDM dan beberapa faktor yang memengaruhi kinerja SDM.

Tak hanya itu, Bab X juga dibahas tentang organisasi, yakni reframing, restructuring, revitalizing, dan renewal yang kesemuanya diperlukan untuk transformasi organisasi.

Dan yang terakhir, pada Bab Xl, penulis menyajikan talent management yang merupakan paradigma baru dalam membangun ketersediaan SDM yang memiliki talenta untuk mendukung posisi kunci, suksesi, dan keunggulan organisasi.

Penerbitan buku itu juga mengambil beberapa testimoni, antara lain, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis,  Amzulian Rifai Ketua Ombudsman RI, dan Aba Subagja Asisten Deputi Manajemen Karier dan Talenta SDM Aparatur, Kementerian PANRB.

Dalam testimoninya, Kapolri Jenderal Idham Azis menyatakan bahwa SDM Polri saat ini berjumlah sekitar 500 ribu personel tersebar di seluruh pelosok Tanah Air. Menurut Kapolri, perlu dikelola secara lebih strategis dan profesional sejalan dengan salah satu sasaran program penting Polri membangun manusia unggul di lingkungan Lembaga Kepolisian.

“Pembangunan SDM yang unggul di Lembaga kepolisian merupakan aset penting, mengingat amanah yang diberikan negara kepada Polri untuk menjaga, menciptakan dan mewujudkan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat,” tulis Kapolri Jenderal Idham Azis dalam testimoni buku tersebut.

Tak lupa, Idham menyatakan bahwa untuk mewujudkan tugas pokok Polri tersebut tentunya membutuhkan SDM yang unggul, profesional, dan berintegritas tinggi sehingga mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di bidang keamanan dan ketertiban. (uaa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *