oleh

Awal Ramadhan, Polda Metro Jaya Akan Gelar Operasi Ketupat

Jakarta, faktapers.id – Awal Ramadhan Polda Metro Jaya akan mulai menggelar Operasi Ketupat 2020 pada Jumat (24/4/2020) selama tujuh hari.

“Operasi ketupat dimulai Kamis malam (23/4/2020) Jumat, mulai pukul 00.00 WIB secara serentak,” papar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Rabu (22/4/2020).

Pada Operasi Ketupat tersebut, Polda Metro Jaya menyiapkan 19 pos pengamanan terpadu di kawasan Jakarta dan sekitarnya, yang bertujuan untuk mengawasi keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Meski demikian, Sambodo belum memastikan apakah masyarakat di luar Ibu Kota boleh masuk ke Jakarta dan sekitarnya.

“Mekanismenya nanti akan dibahas lagi dengan Polda Jawa Barat dan Polda Banten,” imbuhnya.

Lebih lanjut Sambodo mengatakan, Operasi ketupat biasanya dimulai sejak H-7 Ramadhan setiap tahunnya, tapi karena situasi pandemi Corona dan Presiden Joko Widodo melarang mudik, maka operasi berlangsung awal Ramadan.

Untuk operasi Ketupat nanti, Polri menyiapkan 2.582 pos dalam Operasi Ketupat secara nasional. Dalam pelarangan mudik tidak ada penutupan jalan tol dan jalan arteri.

Kepolisian juga berupaya memperlancar distribusi sembako dan BBM. Sementara Satgas Pangan Polri dikerahkan dalam operasi tahunan ini untuk mengecek harga, ketersediaan bahan pokok maupun menindak dugaan penimbunan logistik.

Kemudian, Direktorat Reserse Kriminal Umum setiap polda akan mengantisipasi adanya tindak pidana dalam Operasi Ketupat. Herry

Komentar

News Feed