Banggar DPRD Sulsel Tinjau Posko Induk Penanganan Covid-19 Gowa

×

Banggar DPRD Sulsel Tinjau Posko Induk Penanganan Covid-19 Gowa

Sebarkan artikel ini

Gowa, faktapers.id – Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan ke Posko Induk Penanganan Covid-19 Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Kamis (30/4).

Pimpinan Banggar DPRD Sulsel, Fahruddin Rangga mengatakan  kedatangan pihaknya ke Kabupaten Gowa untuk melihat sejauh mana dukungan Pemprov Sulsel terhadap kabupaten/kota dalam penanganan Covid-19, khususnya Kabupaten Gowa.

Menurutnya, hal ini penting untuk memastikan anggaran percepatan penanganan Covid-19 bisa betul-betul sampai. Terkhusus untuk daerah yang menjadi episentrum penyebaran Covid-19 di Sulawesi Selatan, salah satunya Kabupaten Gowa.

“Kedatangan kami untuk memantau dan pengawasan terhadap anggaran yang sudah kita setujui di DPR untuk Pemprov Sulsel. Harapan kami Pemprov sudah bergerak cepat memberikan supporting dukungan kepada pemerintah kabupaten/kota, terutama yang masuk ke zona merah,” kata Fahruddin.

Fahruddin menyebutkan pihak legislatif Provinsi Sulsel telah menyetujui anggaran percepatan penanganan Covid-19 sebesar Rp 500 miliar. Sementara untuk tahap pertama akhir Mei ini sebesar Rp 250 miliar.

“Mudah-mudahan anggaran ini efektif dan kita berdoa ke depannya anggaran ini tidak terpakai semua untuk persoalan Covid-19 ini. Tetapi paling tidak ada langkah-langkah antisipatif yang kita sudah persiapkan lebih awal sebesar Rp 500 miliar ini untuk penangan Covid-19,” tuturnya.

Ia juga berharap Pemprov Sulsel lebih memberikan perhatian kepada daerah-daerah yang masuk zona merah dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Gowa yang akan melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

“Mudah-mudahan itu bisa berjalan efektif dengan pemberlakuan PSBB yang begitu ketat dan disiplin menjaga wilayah, khususnya di perbatasan. Saya kira ini adalah satu langkah tepat dipilih Gowa,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Muchlis saat menerima rombongan Banggar DPRD Sulsel mengatakan, sejauh ini Pemprov Sulsel telah memberikan dukungan kepada Pemkab Gowa dalam penanganan Covid-19 ini.

“Dukungan DPRD Provinsi bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi dalam rangka PSBB ini sangat bagus. Pak Gubernur menyiapkan  skim sembako untuk warga yang ada di dalam daftar DTKS dan ini kita akan sinergikan dengan APBD Kabupaten,” ujar Muchlis didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa Syamsuddin Bidol.

Selain dalam bentuk sembako, Pemprov juga, kata Muchlis, sudah menyalurkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) yang telah disalurkan kepada rumah sakit dan puskesmas-puskesmas di Kabupaten Gowa.

“Ini juga kita sudah serahkan untuk teman-teman petugas yang bersentuhan langsung di lapangan. Seperti petugas ambulans, pemakaman, dan pengantar bantuan sembako ke lokasi-lokasi ODP dan PDP,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, jelang PSBB Kabupaten Gowa yang dijadwalkan pada Senin (4/5) mendatang, Pemkab Gowa telah melakukan sosialisasi dan akan menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat sebelum PSBB. Termasuk juga akan memperketat pengawasan di seluruh perbatasan Gowa. (Kartia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *