oleh

Bantuan Pemerintah Tak Kunjung Turun, Kades Tumpukan Donasikan Hasil Panen Untuk Bantu Warganya Terdampak Covid-19

Klaten, faktapers.id – Minimnya aktivitas warga akibat dari pandemi virus corona (Covid-19) berdampak pada sulitnya ekonomi warga. Kondisi itu membuat seorang kepala desa di Klaten tergerak membantu.

Suyamto, Kades Tumpukan, Kecamatan Karangdowo, Klaten, Jawa Tengah ini menyalurkan bantuan hasil panen padi kepada sejumlah warga terdampak di daerahnya.

“Ini merupakan hasil swadaya pribadi saya menjual padi 1 patok untuk membantu warga di sini. Dari hasil jual padi, kami belikan berupa paket beras, mie instan, minyak goreng dan teh di masing-masing kepada 70 warga penerima manfaat,” ungkapnya, Senin (27/4/2020).

Pandemi virus corona (Covid-19) di Klaten memang terbilang merata. Tidak terkecuali mulai merambah ke desa-desa.

“Pembatasan social distancing dan physical distancing memang terasa. Karena banyak warga yang kini mengurangi aktivitas. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang mengandalkan hasil harian ikut terdampak,” terangnya.

Meski demikian, pihaknya terus berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Sejumlah anjuran dari pemerintah telah dilakukan, seperti melakukan disinfeksi ke rumah warga, tempat ibadah, maupun ke ruang publik di desa.

“Kita juga bagikan masker ke sejumlah warga, karena masih banyak warga kita yang hingga kini belum sadar akan bahaya virus corona. Dengan gerakan kita ini, harapannya, semoga warga dapat mulai menjaga diri, memakai masker saat ke luar rumah, mencuci tangan, dan membiasakan hidup bersih,” pungkasnya.

Rubiyem, salah seorang warga penerima manfaat mengaku senang dan berterima kasih atas dedikasi pemimpin desanya itu. Setidaknya, gerakan ini mampu memacu keterbukaan warga lain untuk tergerak dalam hal yang sama.

“Kita berterima kasih kepada pak Kades atas bantuan yang diberikan kepada kami, semoga wabah ini segera berakhir dan kondisi bisa normal kembali,” ungkapnya.(Madi)

Komentar

News Feed