oleh

BPS Ajak Manfaatkan Kerja Dari Rumah Sembari Isi Sensus Penduduk Online

Jakarta,Faktapers.id – Badan Pusat Statistik (BPS) memperpanjang masa pengisian Sensus Penduduk Online (SPO) hingga Jumat (29/5) mendatang. Kebijakan ini diambil lantaran Pemerintah Indonesia sedang fokus dalam penanganan pandemi virus Corona (COVID-19).

Ketua Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta Utara Suhartono membenarkan adanya kebijakan perpanjangan masa pengisian SPO hingga Mei 2020 mendatang. Sebelumnya, masa pengisian mandiri SPO dimulai sejak Februari 2020 hingga akhir Maret 2020.

“Iya benar hasil keputusan dari BPS diperpanjang sampai Mei 2020. Kebijakan ini dipilih karena pemerintah saat ini sedang fokus menangani wabah virus COVID-19,” kata Suhartono, saat dikonfirmasi, Rabu (31/3).

Meski begitu, dijelaskannya kebijakan perpanjangan masa pengisian SPO mandiri bisa lebih dimanfaatkan warga Jakarta Utara. Apalagi, saat ini warga lebih sering berkumpul bersama keluarga di dalam rumah.

“Karena ada wabah COVID-19, ada seruan untuk Bekerja Dari Rumah atau Work From Home (WFH). Warga lebih banyak meluangkan waktu bersama keluarga di rumah. Mengisi data SPO mandiri menjadi alternatifnya,” jelasnya.

Hingga Selasa (31/3) kemarin, tercatat 74.006 penduduk atau 20.392 keluarga di Jakarta Utara telah mengisi SPO mandiri melalui laman sensus.bps.go.id.

Diharapkannya, masa perpanjangan pengisian SPO mandiri hingga Mei 2020 mendatang berdampak pada tingginya capaian target.

“Mekanismenya masih sama, warga yang belum mengisi SPO mandiri hingga batas akhir nanti maka akan ada petugas yang mendatanginya,” tutupnya. Tajuli

Komentar

News Feed