oleh

Cegah Covid-19, Warga RW 01 Semper Barat Rutin Dicek Suhu Tubuh

Jakarta, faktapers.id – Beragam cara dilakukan pengurus Rukun Warga (RW) dalam mencegah pandemi virus corona (Covid-19).

Di RW 01 Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, satuan tugas (Satgas) RW Siaga Covid-19 rutin mengecek suhu tubuh warga. Pengecekan menggunakan alat thermo gun tidak sekadar di tiga akses masuk, namun juga diterapkan pada warga dan tamu yang berlalu lalang.

“Kami berinisiatif menerapkan karantina wilayah. Membentuk Satgas dan menutup 14 akses masuk. Utamanya kami mengecek suhu tubuh warga dan tamu yang berlalu-lalang,” kata Ketua RW 01 Kelurahan Semper Barat, Hasanudin Aca, Selasa (7/4/2020).

Dijelaskannya, dua petugas dokter juga disiagakan di posko Satgas Covid-19 yang terletak di kantor RW. Dokter tersebut bertugas memberikan pengobatan awal dan melayani konsultasi warga.

Begitu pun pendataan warga beresiko tinggi terpapar Covid-19 telah dilakukan. Bahkan, beberapa di antaranya telah menerima paket sembako berisi 5 kilogram beras, 1 kilogram minyak sayur, 1 kilogram gula pasir, dan 6 bungkus mie instan.

“Kemarin kami salurkan 230 paket sembako bagi warga sekitar yang membutuhkan,” jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga memberlakukan pesanan daring bagi pedagang sayur mayur di Jalan Sungai Musi. Pemesanan dilakukan pembeli melalui aplikasi WhatsApps dan diambil setelah pesanan siap. Pengambilan pun wajib mengenakan masker bagi pembeli maupun penjual.

“Ini semua kami lakukan agar wilayah kami yang masih termasuk zona putih tetap putih. Tidak ada warga yang terinfeksi Covid-19,” tutupnya. (Tajuli)

Komentar

News Feed