oleh

Demi Sehat, Anda Melintas ke Desa Tigawasa Harus Siap Disemprot Disinfektan

Singaraja.Bali.Faktapers.id-Keresahan Pandemi Virus Corona Covid-19, tidak hanya meresahkan masyarakat diperkotaan. Masyarakat di pedesaan juga dibuat resah takut akan terjangkitnya virus tersebut.

Untuk memutus rantai penyebaran tersebut Desa Tigawasa Kecamatan Banjar,Buleleng memberlakukan pencegahan dini dengan membuka posko di 4 pintu masuk perbatasan desa dari Pedawa, Temukus, Kaliasem, Kayuputih.

Penjagaan pos dengan menyemprotkan Disinfektan dan Hend Sanitizer terhadap pengendara maupun masyarakat yang akan melewati desa Tigawasa melibatkan, Pecalang Adat, Linmas,Perangkat Desa,BPD dan relawan.

Faktapers.id yang melakukan pemantau Sabtu(4/4) pukul 09.00 wita dibeberapa pintu masuk desa, para penjaga pos terlihat sangat bekerja efektif agar masyarakat terhindar dari Virus berbahaya itu. Sisi lain beberapa Desa Bali Aga atau yang sering di sebut SCTPB juga memberlakukan hal sama dari siang dari hingga pukul 17.00 wita.

Kepala desa Tigawasa Made Suadarmayasa dikonfirmasi Faktapers.id usai menggelar rapat penanganan Covid-19 dikantor desa bersama BPD mengatakan, penyemprotan yang dilakukan selain memasuki perkampungan penduduk juga diberlakukan di pintu masuk desa.

“Sejak hari ini sampai menunggu perkembangan dari kabupaten 20 April 2020 yang rencananya, kami berlakukan control ini baik untuk warga kami sendiri maupun orang luar yang melintasi desa Tigawasa dan wajib untuk disemprot dengan Disinfectan Hend Sanitizer,”ujar Made Suardamayasa.

Mengingat anggaran penanggulangan C-19 belum positif ditentukan dana darimana  yang akan dipergunakan,sedang relawan maupun perangkat desa yang dilibatkan memerlukan konsumsi.

Kades Suadarmayasa menjelaskan akan mengambilkan anggaran dipos tertentu dalam menangani virus Corona Covid-19 serta membutuhkan dana swadaya dari masyarakat.

Sementara warga Tigawasa sendiri sangat mengapresiasi kerja perangkat desa dalam mencegah dini penularan virus Corona.

“Sangat positif apa yang dilakukan pak Kades kami selain untuk masyarakatnya sendiri juga masyarakat luas yang melewati jalur desa Tigawasa, jadi desa kami terbebas dari penularan virus Corona yang meresahkan kami,”ujar Made Ngurah Ardana.

Sisi lain Kapolsek Banjar, AKP Made Agus Dwi Wirawan dikonfirmasi sangat mengapresiasi Desa Tigawasa melakukan usaha demi kesehatan warga maupun masyarakat yang melintas,

“Setiap usaha mandiri dari tiap-tiap desa untuk membantu pemerintah pusat dalam  menekan penyebarluasan virus Corona itu sangat bagus, tentunya juga setiap usaha tersebut harus tidak bertentangan dengan UU  yang berlaku dan dilaksanakan secara humanis,”ujar Agus Dwi Wirawan. (des)

Komentar

News Feed