Sabtu, Februari 27, 2021
Beranda Dirlantas Polda Metro Jaya Dirikan 33 Titik Pengawasan PSBB di Wilayah DKI...
Array

Dirlantas Polda Metro Jaya Dirikan 33 Titik Pengawasan PSBB di Wilayah DKI Jakarta

Jakarta, faktapers.id – Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta resmi menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Jumat (10/4/2020) pukul 00.00 WIB dengan dasar hukum Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020.

Sejalan dengan itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mendirikan 33 titik pengecekan (check point) untuk mengawasi pelaksanaan PSBB di wilayah DKI Jakarta.

Dalam peraturan PSBB disebutkan antara lain pembatasan jumlah penumpang dalam kendaraan pribadi dan pembatasan penumpang angkutan umum hanya 50 persen. Kemudian jarak antara penumpang juga harus mengacu physical distancing.

Pengendara kendaraan pribadi seperti mobil walau hanya berdua orang tetap harus menerapkan pembatasan fisik. Penumpang harus duduk di belakang, sedangkan pengemudi tetap di depan sendirian.

Untuk kendaraan roda dua, aparat kepolisian juga mengarahkan kewajiban menggunakan masker dan sarung tangan.

“Untuk mengawasi pelaksanaan PSBB tersebut Polda Metro Jaya membangun 33 check point di seluruh wilayah DKI Jakarta,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Sambodo Purnomo Yogo saat meninjau check point di PSBB di Pasar Jumat, Jakarta Selatan, Jumat (10/4/2020).

Sambodo menyatakan bahwa, 33 check point tersebut dibangun di seluruh wilayah DKI Jakarta meliputi pintu-pintu masuk Jakarta, terminal, stasiun kereta api dan gerbang-gerbang tol.

“Intinya adalah untuk memastikan warga DKI Jakarta mematuhi aturan-aturan di dalam PSBB tersebut,” tambahnya.

Dengan pemantauan dan sosialisasi yang dilakukan saat PSBB ini diharapkan peraturan tersebut dapat dilaksanakan oleh masyarakat.

“Ketentuan-ketentuan ini kita laksanakan dan kita sosialisasikan kepada masyarakat, sehingga walaupun isi kendaraan cuma berdua secara kapasitas memenuhi ‘physical distancing’ harus dijaga sehingga kemudian satu orang harus duduk di belakang pengemudinya sendirian,” pungkasnya. Herry

Most Popular

Recent Comments