Headline

Ditengah Merebaknya Covid-19, Kodam IX/Udayana Selalu Siap Bantu Donorkan Darah

×

Ditengah Merebaknya Covid-19, Kodam IX/Udayana Selalu Siap Bantu Donorkan Darah

Sebarkan artikel ini

Denpasar, Bali. Faktapers.id – Jajaran Kodam IX/Udayana baik di wilayah Provinsi NTT, NTB dan Bali secara berkelanjutan melaksanakan kegiatan sosial donor darah dalam rangka membantu PMI mengatasi kekurangan persediaan darah ditengah merebaknya pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi saat ini.

Hal tersebut disampaikan Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., saat kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Denpasar, pada Kamis (9/4/2020).

Penyebaran wabah virus corona yang terjadi hampir disebagian besar wilayah Indonesia ini sangat berdampak pada kehidupan sosial masyarakat di berbagai sektor kehidupan, termasuk dalam hal ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI).

Menyikapi berkurangnya ketersediaan darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat, TNI mengambil langkah cepat dengan menjalin kerjasama bersama PMI untuk melakukan aksi sosial donor darah. Termasuk kegiatan donor darah yang dilakukan di seluruh jajaran Kodam IX/Udayana dan dalam pelaksanaannya tetap memperhatikan protokol penanggulangan penyebaran Covid-19.

Pendonor adalah pahlawan terutama bagi saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan darah, apalagi di tengah situasi pandemi Virus Corona (Covid-19). “Untuk itu, mari kita bersama-sama dengan penuh keikhlasan untuk mendonorkan sebagian darah kita, karena banyak pasien dengan penyakit lain yang membutuhkan darah seperti pasien penyakit kanker, anemia, dan lain sebagainya”, harap Kapendam.

Adapun hasil donor darah yang dilaksanakan Kodam IX/Udayana sampai saat ini yaitu dengan jumlah pendonor sebanyak 1.035 orang dan berhasil terkumpul mendonorkan darahnya sejumlah 191 kantong golongan darah A, 272 kantong golongan darah B, 384 kantong golongan darah O dan 71 kantong golongan darah AB. “Dari 918 kantong darah yang sudah berhasil disumbangkan tersebut, TNI dalam hal ini Kodam IX/Udayana akan selalu siap membantu untuk memenuhi kebutuhan akan darah yang dikelola oleh PMI”, tambah Kapendam. (Pendam IX/Udy/Ans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *