Headline

ITB STIKOM Bali Siapkan 30 Dosen Berikan Konsultasi Gratis

×

ITB STIKOM Bali Siapkan 30 Dosen Berikan Konsultasi Gratis

Sebarkan artikel ini

Denpasar, Bali. Faktapers.id – Berdasarkan pada situasi dan kondisi pandemi Covid-19 dan juga adanya beberapa keluhan tentang kurang menariknya sistem pembelajaran di sekolah mulai TK sampai dengan Sekolah Menengah bahkan juga di perguruan tinggi,

Sebanyak 30 orang Dosen ITB STIKOM Bali memberikan konsultasi gratis tentang pembelajaran jarak jauh yang menarik dan tidak membosankan untuk segenap masyarakat terutama para pengajar dan akademisi yang butuh detail pembelajaran berbasis TIK.

Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan menjelaskan bahwa puluhan Dosen tersebut sengaja ditugaskan sebagai pelaksanaan dharma pengabdian masyarakat untuk membantu pihak yang terkait dengan pembelajaran jarak jauh.

Tujuannya agar dapat membantu memecahkan masalah kejenuhan/kebosanan, masalah keberagaman penyampaian materi dan beberapa hal lain yang menjadi daya tarik pembelajaran jarak jauh.

“Dalam konsultasi tersebut nantinya masyarakat dapat berdiskusi tentang kendala yang dihadapi dalam pembelajaran berbasis TIK,” terang Dr. Dadang dalam rilisnya yang diterima Faktapers.id, Senin (6/4).

“Tim Konsultan merupakan Dosen ITB STIKOM Bali yang berkompeten dalam penggunaan TIK, diantaranya merupakan lulusan S3 dalam bidang teknologi pembelajaran maupun yang sedang menempuh S3 dalam bidang teknologi pembelajaran,” paparnya.

ITB STIKOM Bali sendiri, selama ini sudah menerapkan blended learning (perpaduan tatap mukan dan online) melalui sistem E-Learning interaktif yang dikembangan sendiri oleh STIKOM Bali. Serta sistem pendukung seperti E-Library dan SION (Sistem Informasi Online) untuk mahasiswa.

Dadang Hermawan juga mengungkapkan beberapa aplikasi pembelajaran yang dapat menjadi pilihan adalah E-learning/online learning (yang telah dibangun dan dikembangkan STIKOM Bali), Google Classroom, Edmodo, Discord dan lainnya.

Adapun beberapa aplikasi video conference yang dapat digunakan antara lain Ms Teams (berlangganan Office365), Zoom, Google Duo, WhatsApp video call, Cisco Webex, Jitsi Meet dan yang lainnya.

Konsultasi dapat dilakukan dilakukan dengan datang langsung secara terbatas atau via WhatsApp dengan nomor: 082146308326 pada setiap hari kerja mulai Senin sampai dengan Sabtu pukul 08.00 sampai dengan 18.00 Wita.

“Di STIKOM sendiri sudah 3 minggu ini seluruhnya aktivitas berbasis online, mulai dari penerimaan Mahasiswa Baru, Perkuliahan, Bimbingan Tugas Akhir, Ujian baik Tengah semester maupun Tugas Akhir dan juga sistem pembayaran SPP,” ungkapnya.

Selain itu, Bendahara Umum Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (Aptikom) pusat ini juga mengungkapkan bahwa, di balik bencana, pandemi Covid-19 ini juga membawa hikmah. “Kondisi ini menyadarkan kita, betapa pentingnya mengembangkan pendidikan berbasis online,” tandasnya. (Ans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *