oleh

Jokowi Larang Mudik, Jalan Tol Jakarta-Cikampek Akan Ditutup Besok

Jakarta, faktapers.id – Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mennyatakan pihaknya akan menutup ruas jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek menyusul kebijakan pelarangan mudik di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Penutupan jalan tol layang itu akan mulai dilakukan Jumat (24/4) dini hari.

“Tol Elevated akan kami tutup mulai Kamis malam besok,” kata Sambodo dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui akun Instagram Polda Metro Jaya, Rabu (22/4).

Sambodo menjelaskan, Tol Elevated Jakarta-Cikampek ditutup karena kendaraan kecil dan kendaraan pengangkut penumpang tidak diperbolehkan keluar dari wilayah Jabodetabek.

“Jadi, baik yang dari arah Cikunir maupun dari arah tol (dalam) kota untuk Elevated kami tutup, sehingga semuanya harus lewat bawah,” tuturnya.

Lebih lannjut Sambodo mengatakan, kendaraan logistik dan pengangkut kebutuhan pokok masih diperbolehkan melintas. Adapun kendaraan pribadi ataupun kendaraan pengangkut penumpang akan diperiksa dan diputarbalikkan di Cikarang Barat.

“Bagi kendaraan logistik yang mau ke Cikampek lurus, kalau ada kendaraan penumpang yang mau lewat itu kita akan periksa dan semuanya akan kita putar balikkan di Cikarang Barat,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah telah melarang mudik untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Keputusan itu disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, melalui video conference, Selasa (21/4).

Jokowi beralasan masih banyak masyarakat perantauan yang bersikeras untuk mudik. Dari data Kementerian Perhubungan, sebanyak 24 persen masyarakat memutuskan tetap mudik.

Hal ini dikhawatirkan akan menjadi medium penularan Covid-19 di desa-desa karena para perantau dianggap merupakan orang yang tinggal di episentrum virus corona di Indonesia. (MAN)

Komentar

News Feed