oleh

Kartu Prakerja Disoal, Politisi PDIP: Sekarang Itu Mereka Perlu Dana Bukan Kursus Online

-News-70 views

Jakarta, faktapers.id – Dampak wabah Covid-19 tentu membawa keprihatinan. Berbagai penerapan kebijakan yang harus di keluarkan pemerintah dalam memutus mata rantai Corona, mau tidak mau harus diikuti. Terlebih, kebijakan ini pun cukup dirasakan sulit, baik para pelaku usaha maupun para pekerja.

Sehingga tak jarang sejumlah pelaku usaha terpaksa mengencangkan ikat pinggang. Mengingat pendapatan dan pengeluaran menjadi pokok permasalahan. Tak pelak, dengan berat hati, para pelaku usaha ini mem-PHK para karyawannya.

Dilain sisi, menyikapi permasalahan itu pemerintah mengambil langkah dengan membuat program pelatihan kartu prakerja. Namun, seharusnya program tersebut dapat diubah menjadi program bantuan modal usaha bagi rakyat.

Usulan perubahan program itu dikemukan oleh Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PDIP Deddy Yevri Sitorus.

Ia menyarankan pemerintah mengubah program pelatihan dalam Kartu Prakerja menjadi bantuan modal usaha bagi rakyat.

“Menurut saya, program Kartu Prakerja diubah saja jadi bantuan langsung usaha atau padat karya. Jadi belajarnya langsung dengan usaha mandiri, bukan sekadar kursus online. Saat ini mereka lebih butuh dana untuk menggerakkan, create ekonomi, untuk menghidupkan usaha rakyat,” kata Deddy, dalam pernyataan tertulisnya kepada wartawan, Senin (20/4).

Selain itu kata Deddy, pemerintah bisa membuat dana di kartu prakerja seperti dana bergulir atau dana simpan pinjam. Sehingga bantuan itu benar-benar dapat dirasakan oleh rakyat kecil. Terutama bagi mereka yang terkena musibah PHK.(uaa)

Komentar

News Feed