Rabu, Desember 8, 2021
BerandaMasyarakat Kalibaru Bantu Awasi Pasien COVID-19 Yang Jalani Isolasi Mandiri
Array

Masyarakat Kalibaru Bantu Awasi Pasien COVID-19 Yang Jalani Isolasi Mandiri

Jakarta,Faktapers.id – Wabah virus corona (COVID-19) yang tergolong cepat penyebarannya membuat semua orang harus meningkatkan kewaspadaan dan menerapkan aturan yang ditentukan dalam masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Bahkan sejumlah orang di wilayah DKI Jakarta telah menjalani pemeriksaan kesehatan dan berstatus orang dalam pemantauan (ODP) ataupun pasien dalam pengawasan (PDP).

Kendati demikian, peranan dari lingkungan sekitar sangat diharapkan untuk bergotong royong membantu apabila ada warganya yang berstatus positif COVID-19 kategori orang tanpa gejala dan tidak memiliki penyakit penyerta sehingga harus menjalani isolasi mandiri dirumahnya masing-masing.

“Ada beberapa pasien yang melakukan isolasi di rumah namun tetap dipantau perkembangan kesehatannya. Pihak puskesmas setempat akan monitoring kesehatan pasien tersebut melalui aplikasi WhatsApp,” jelas Yudi Dimyati, Kasudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara saat dikonfirmasi, Kamis (16/4).

Sedangkan proses pengawasannya akan melibatkan unsur Kelurahan, LMK, pengurus RT/RW dan masyarakat sekitar. “Begitu ditetapkan warga itu harus menjalani isolasi mandiri maka kita sampaikan ke LMK, pengurus RT/RW dan masyarakat untuk membantu mereka meskipun hanya bantuan tenaga. Kemudian pengurus wilayah akan memantaunya dan melaporkan kondisi warga tersebut,” terang Suyono, Lurah Kalibaru.

Hal tersebut telah diterapkan di wilayah Kelurahan Kalibaru dalam menangani pasien COVID-19 yang melaksanakan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. “Dari pihak Kelurahan juga telah memberikan bantuan sembako kepada warga yang terkena COVID-19. Selain itu, kami juga menghubungi Sudin Sosial Jakarta Utara untuk menyiapkan bantuan makanan siap saji dan langsung ditindak lanjuti dengan mengirimkan makanan siap saji setiap pagi dan malam hari selama masa isolasi,” ungkapnya.

Bantuan tersebut disalurkan melalui pengurus wilayah. “Nantinya, mereka akan menghubungi warga tersebut dan menaruh bantuan sembako dan makanan siap saji didepan rumahnya. Dengan adanya perhatian dari semua maka akan memberikan semangat kepada warga yang terkena COVID-19 agar cepat sembuh,” tutur Suyono.

Ia juga menghimbau kepada warga Kalibaru untuk mematuhi aturan yang berlaku selama PSBB sehingga bisa mencegah penularan COVID-19. “Mari kita bersama-sama melawan COVID-19 dengan tetap berada di rumah, batasi aktivitas di luar rumah, menjaga imunitas tubuh, mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker, jaga jarak sosial dan sebagainya,” tegasnya.Tajuli

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments