Headline

Sejak 1 Maret, PT KAI Daop 6 Yogyakarta Catat 28.000 Penumpang Batalkan Perjalanan

×

Sejak 1 Maret, PT KAI Daop 6 Yogyakarta Catat 28.000 Penumpang Batalkan Perjalanan

Sebarkan artikel ini

Yogyakarta, faktapers.id – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 6 Yogyakarta mencatat sudah ada 28.000 penumpang membatalkan tiket sejak awal Maret sebagai upaya upaya mendukung pencegahan virus corona (Covid-19).

“Sudah ada sekitar 28.000 pembatalan tiket perjalanan kereta api, dan sekitar 5.000 penumpang melakukan perubahan jadwal keberangkatan,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto dikutip dari Antara, Senin (6/4/2020).

Eko memastikan, penumpang yang melakukan pembatalan tiket akan memperoleh pengembalian uang 100 persen. Bahkan, pihaknya telah memperpanjang kebijakan tersebut untuk keberangkatan hingga 4 Juni 2020.

Ia menambahkan, penumpang yang ingin membatalkan tiket perjalanan kereta api bisa melalui melalui aplikasi KAI Access.

“Khusus untuk pembatalan tiket pada kereta api yang dibatalkan perjalanannya maka pengembalian tunai bisa dilakukan lebih cepat,” ujarnya.

Eko menyebut, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat bila penumpang keukeuh melakukan perjalanan dengan kereta api.

“Meminimalisasi potensi penularan virus, kami menerapkan prinsip pengaturan jarak untuk penempatan tempat duduk untuk penumpang,” pungkasnya.

PT KAI Daop 6 Yogyakarta, terdapat lebih dari 120 perjalanan kereta api yang dibatalkan keberangkatannya baik kereta yang diberangkatkan dari Daop 6 maupun kereta yang melintas.

Sementara kereta yang masih dioperasionalkan dari Daop 6 Yogyakarta adalah kereta penugasan dari pemerintah yaitu kereta komuter Prambanan Ekspress (Prameks) yang melayani rute Solo-Yogyakarta-Kutoarjo dan kereta Batara Kresna tujuan Purwosari-Wonogiri.

Untuk kereta jarak jauh yang masih diberangkatkan adalah Sancaka, Joglosemarkerto, Senja Utama Solo, Fajar Utama Solo, Argo Dwipangga, Bengawan, Progo, dan Sritanjung.

Sedangkan kereta yang masih melintas di Daop 6 Yogyakarta di antaranya Bima, Gajayana, Kahuripan, Ranggajati, Matarmaja, Brantas, dan Wijaya Kusuma. (Fp01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *