oleh

Tingkatkan Kemampuan Operasional, KRI Banda Aceh 593 Lakukan Pemeliharaan

Jakarta, faktapers.id – KRI Banda Aceh 593 yang sedang bersandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara melaksanakan pemeliharaan material oleh Dinas Material TNI AL (Dismatal), Jumat  (24/5).

Mengingat kondisi teknis peralatan serta badan kapal KRI Banda Aceh 593 yang mempunyai usia pakai yang cukup tinggi, diperlukan upaya untuk mengembalikan kembali kemampuannya, guna mendukung kesiapan operasi KRI dalam melaksanakan tugas pokoknya operasi angkutan laut militer.

Kali ini, Dinas Material TNI AL melakukan survei terhadap tempat pemasangan mesin Diesel Generator kapal yang baru untuk meningkatkan performa mesin kapal.

Selain itu untuk memenuhi penambahan mesin DG tersebut, dilaksanakan pula pengecekan material lain yang mendukung dalam pemasangan mesin DG.

Menurut Kepala Dinas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal (Kadisharkap) Kolinlamil Kolonel Laut (T) Suryaman, tim dari Dismatal Mabesal melaksanakan survei dan pengecekan kebutuhan material untuk mendukung pemasangan mesin Diesel Generator KRI Banda Aceh 593 guna meningkatkan performa mesin kapal perang andalan Kolinlamil tersebut.

“Tim Dismatal Mabesal sedang menyurvei posisi mesin DG yang akan dipasang dan mengecek kebutuhan material lain yang mendukung pemasangan tersebut,” jelas Kadisharkap Kolinlamil.

Kadismatal menyatakan bahwa kunjungan kali ini untuk melihat hasil dari perbaikan KRI Teluk Hading (THG)-538 yang belum lama ini diselesaikan, sebelum diserahkan kembali ke jajaran Kolinlamil, yang dalam hal ini di bawah binaan Satlinlamil Jakarta.

Lebih lanjut dikatakan Kadismatal Kolinlamil bahwa pemeliharaan KRI merupakan program pemeliharaan terencana yang dilaksanakan oleh Dismatal selaku pembina material TNI AL terhadap seluruh unsur KRI yang berada di jajaran TNI AL.

Dengan pemeliharaan dan perawatan ini diharapkan dapat meningkatkan kondisi teknis dan kesiapan KRI guna mendukung tugas-tugas TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan operasi militer selain perang (OMSP) maupun operasi militer perang (OMP).

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono mengingatkan agar kegiatan pemasangan mesin Diesel Generator di KRI Banda Aceh 593 yang merupakan bagian dari pemeliharaan agar sesuai dengan rencana serta dengan hasil yang baik dan aman tanpa adanya
kecelakaan kerja (zero accident).

“Diharapkan dalam kegiatan tersebut peran berbagai pihak yang terlibat pada pelaksanaan pemasangan mesin DG lancar dan aman. Kerjasama dan koordinasi antar pihak yang terkait agar berjalan lancar sehingga tercapai hasil yang baik dan maksimal,” tutur Panglima Kolinlamil
mengingatkan. (Han)

Komentar

News Feed