Rabu, Desember 8, 2021
BerandaJawaViral Tenaga Medis Berbaju Astronot Evakuasi Warga yang Tergeletak di Pinggir Jalan,...

Viral Tenaga Medis Berbaju Astronot Evakuasi Warga yang Tergeletak di Pinggir Jalan, Ternyata…

Jakarta, faktapers.id – Video yang mendokumentasikan sejumlah tenaga medis menggunakan alat pelindung diri (APD) di pinggir Jalan Pantai Utara (Pantura) Brebes viral di media sosial Facebook, Senin (13/4/2020).

Dalam video berdurasi tak sampai satu menit itu tampak tenaga medis berbaju astronot putih sedang berusaha mengevakuasi seseorang di dekat Pasar Induk Brebes. Warganet pun ramai bertanya-tanya apakah yang dilakukan para petugas medis dengan pakaian APD lengkap itu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes, dr Sartono mengatakan, sejumlah tenaga medis yang mengenakan baju APD lengkap merupakan petugas RSUD Brebes.

“Ya benar itu petugas medis kita, sebelumnya mendapat laporan dari masyarakat ada seseorang tergeletak di pinggir jalan. Upaya preventif di tengah pandemi Covid-19,” kata Sartono, Selasa (14/4/2020) dilansir panturapost.com.

Sartono menyebut, orang itu diketahui, adalah warga yang biasa nongkrong di sekitar lokasi kejadian. “Petugas medis kami berusaha membangunkan orang itu. Dicek suhu tubuhnya normal, yang bersangkutan nggak mau dibawa ke RS. Setelah diberi makan Alhamdulilah bergas lagi. Ya mungkin lapar malam itu,” ungkapnya.

Sejauh ini, sebanyak 5 pasien dalam pengawasan (PDP) masih dalam perawatan isolasi oleh tenaga medis RSUD Brebes.

“Lima PDP sudah kita rapid test hasilnya negatif Covid-19. Tapi hasil swab dahak kelima pasien masih belum keluar. SOP yang ada jika PDP secara klinis sudah sehat selama masa 14 hari untuk dipulangkan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” tutupnya. (fp01)

 

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments