Warganya Positif Corona, Bupati Lambar Akan Terapkan Pola Vietnam

×

Warganya Positif Corona, Bupati Lambar Akan Terapkan Pola Vietnam

Sebarkan artikel ini

Lampung Barat, faktapers.id -Setelah Dinas Kesehatan Provinsi (Dinkes) Lampung menyatakan satu warga Lampung Barat (Lambar) positif Covid-19. Bupati Lambar, Parosil Mabsus akan melakukan beberapa kebijakan strategis untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan virus Corona atau Covid-19.

Bupati Parosil menyatakan, kebijakan strategis itu merupakan pola efektif yang berhasil diterapkan oleh Negara Vietnam.

Pola strategis tersebut diantaranya, sterilisasi wilayah, jaminan hidup, keamanan bagi pasien dan keluarga selama masa karantina dan asupan gizi bagi orang tua, balita dan ibu hamil.

“Daerah yang menjadi endemik Covid-19 akan disterilisasi selama 14 hari secara rutin. Pola ini, terbukti berhasil di Vietnam,” ujar Parosil, Jumat (3/4/2020).

Jadi lanjut dia, Pemkab Lambar bersama aparat pekon, TNI, Polri dan pihak lain-nya selain menjaga semua pintu masuk pekon juga melakukan pendataan tamu, pemeriksaan kesehatan hingga penyemprotan disinfektan kepada semua tamu tanpa terkecuali.

Parosil mengatakan, pasien dan keluarga terdampak Covid-19 akan mendapatkan program jaminan hidup dari Pemkab Lambar.

“Bahkan, jaminan keamanan melalui penjagaan oleh pihak terkait selama masa karantina hingga penyembuhan,” imbuhnya.

Jadi, kata Parosil, pasien dan keluarga terdampak tidak lagi memikirkan kebutuhan hidup dan pengobatan. Mereka, hanya perlu fokus pada proses penyembuhan dan pemulihan saja.

“Disinilah negara hadir, menjadi solusi bagi problem pokok rakyat tersebut disaat darurat,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, guna memperkuat dua kebijakan tersebut Alumni FKIP Unila ini akan memberikan stimulus berupa “Paket Hidup Sehat” melalui penyediaan asupan gizi secara teratur dan rutin kepada kalangan rentan corona berdasarkan kategori usia masyarakat.

“Selain jalur medis, kita juga wajib berserah diri, beribadah dan berdoa memohon agar perjuangan ini diberi kemudahan dari sang pencipta. Jadi saya mengajak warga Lambar berpartisipasi untuk mengirim doa bersama sesuai dengan kepercayaan masing-masing serentak setiap hari nya sehabis magrib di kediaman masing saja,” pungkasnya. (Edi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *