Minggu, November 28, 2021
BerandaJakbar Bentuk Kampung Percontohan Bebas Covid-19, Dua RW di Kalideres Bersolek
Array

Jakbar Bentuk Kampung Percontohan Bebas Covid-19, Dua RW di Kalideres Bersolek

Jakarta, faktapers.id – Sejumlah lingkungan RW yang ada di Jakarta Barat berlomba menjadi kampung percontohan bebas Covid-19. Di antaranya RW 01 Kelurahan Pegadungan dan RW 06 Kelurahan Tegal Alur, Kalideres.

Dari pantauan di lokasi, satu persatu warga yang memasuki lingkungan RW tersebut wajib memakai masker dan menerapkan physical distancing. Selain itu, di lingkungan RW tersebut sebelum memasuki juga diwajibkan mencuci tangan dengan hand sanitizer serta dilakukan penyemprotan disinfektan.

Salah satu Ketua RW yang ditemui mengatakan, untuk warga di lingkungannya menyadari dan mulai menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Alhamdulillah, di wilayah RW 01 Kelurahan Pegadungan belum ada yang terjangkit wabah Covid-19, mudah-mudahan jangan. Makanya, kita terapkan aturan lingkungan, supaya bisa mencegah dan memutus penularan wabah Covid 19,” kata Ketua RW 01 Kelurahan Pegadungan,  Muhayar, Jumat (1/5).

Ia menjelaskan, di lingkungan wilayahnya untuk menerapkan kampung percontohan bebas Covid-19, telah dibuatkan portal sebagai akses keluar masuk kendaraan sebanyak empat pintu.

Warga di setiap RT di RW 01 Pegadungan diberikan stiker.

“Di lingkungan kita ada 13 RT, semua dibuat portal. Sedangkan setiap lingkungan RT, untuk warganya satu persatu diberikan stiker dan setiap masuk lingkungan dicek suhu tubuh. Alhamdulillah mereka sadar dan menerapkan protokol kesehatan dan aturan isolasi mandiri,” ujarnya.

Dikatakan Ketua RW 01, masyarakat di Jalan Kumbang Kelurahan Pegadungan berharap agar pemerintah memberikan yang terbaik untuk warga RW 01 apabila kemungkinan Covid-19 berlanjut.

“Warga berharap bantuan dari segi finansial terutama warga yang menjaga diportal ada 32 personil. Untuk sementara ini mereka mendapatkan untuk makan dari pemberian hasil swadaya masyarakat,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat telah membentuk kampung percontohan bebas Covid-19.

Pembentukan kampung percontohan itu disampaikan oleh Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi kepada para pengurus RW yang diajaknya melakukan rapat online terkait penanganan Covid-19.

Rustam sebelumnya juga menyebutkan, di Jakarta Barat ada lima RW yang sudah menerapkan lingkungan sebagai kampung percontohan bebas Covid 19 di antaranya RW 03 Cengkareng Barat, RW 05 Jati Pulo, RW 05 Tanjung Duren Utara, RW 07 Semanan, dan RW 07 Kembangan Utara. (MAN)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments