oleh

Kolinlamil Fasilitasil Tim Survei Pushidrosal

Jakarta, faktapers.id – Guna mendukung Operasi Survei dan Pemetaan (Opssurta) hidro-oseanografi untuk memastikan pelayaran aman bagi KRI, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) memfasilitasi kegiatan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL yang melaksanakan Survei dan Pemetaan di alur pelayaran menuju Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (30/4).

Tim Survei Pushidrosal dipimpin Letkol Laut (P) Zaenal Muttaqin yang sehari-hari menjabat Komandan KRI Rigel 933 melaksanakan pengambilan garis pantai dan sedimentasi di Dermaga Kolinlamil.

Survei yang dilakukan Pushidrosal ini bertujuan untuk memastikan rute Alur Pelayaran menuju dermaga-dermaga aman dilayari oleh unsur-unsur KRI yang akan sandar di dermaga baik saat sandar maupun saat mendukung kegiatan Operasi Militer Perang (OMP)/Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Selain itu, data hidro-oseanografi yang diperoleh dipergunakan untuk penentuan posisi peletakan rambu navigasi dan akan dipergunakan pembuatan peta khusus  Alur pelayaran hingga Dermaga yang baru terbangun, serta untuk memperbaharui Peta Laut Indonesia Nomor 185.

Dalam melaksanakan survei di alur pelayaran hingga dermaga, tim survei melaksanakan kegiatan survei yang meliputi penetapan titik kontrol horisontal dan vertikal, pengukuran bathymetri, investigasi kedangkalan, pengukuran sub bottomProfile, pengukuran pasang surut, pengukuran arus, pengukuran CTD, pengukuran sedimentasi, pengambilan sampel dasar laut, penentuan posisi pemasangan rambu, uji rute alur pelayaran, serta pengukuran detil darat.

Pemutakhiran data hidro-oseanografi ini mutlak dibutuhkan guna meningkatan level kepercayaan/CategoryZoneOfConfident (CatZoc) dan keselamatan bagi unsur-unsur KRI yang akan keluar masuk menuju dermaga Kolinlamil.

Salah satu kegiatan nyata untuk memberikan level kepercayaan tersebut adalah dengan didapatkan hasil kedalaman fullcoverage area tersebut. Dimana rintangan dan bahaya pelayaran tergambarkan pada peta laut Indonesia nomor 185.

Selanjutnya setelah Tim Survei selesai melaksanakan seluruh kegiatan pengambilan data hidro-oseanografi, nantinya akan dilaksanakan uji coba rute alur pelayaran yang telah ditetapkan untuk menguji kesesuaian hasil survei.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono mendukung kegiatan survei dan pemetaan yang dilakukan Pushidrosal, hal tersebut sebagai bekal bagi KRI saat keluar masuk dermaga Mako Kolinlamil di alur pelayaran agar aman dan lancar. (Han)

 

Komentar

News Feed