oleh

Manfaat Baby Spa untuk Perkembangan Mental dan Fisik Bayi

Jakarta, Faktapers.id – Tidak cuma orang dewasa saja yang bisa menikmati perawatan yang memanjakan di spa. Belakangan ini, baby spa atau spa untuk bayi sudah banyak bermunculan, terutama di kota-kota besar.

Penyedia baby spa menjanjikan berbagai manfaat kesehatan untuk si buah hati. Akan tetapi benarkah spa memang baik untuk perkembangan baby Anda?

Sebelum Anda memanjakan bayi di spa, perlu memcari informasi dulu, sejahumana manfaat Baby di spa.

Perlu diketahui Baby Spa adalah perawatan yang dirancang untuk memberikan stimulasi positif pada bayi berusia 3 minggu sampai 3 tahun. Umumnya baby spa terbagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, buah hati Anda akan berendam di dalam kolam khusus menggunakan pelampung. Sesi ini biasanya berlangsung selama 10-15 menit, tergantung pada reaksi bayi Anda saat pertama kali masuk ke dalam air. Jika sudah terbiasa, durasinya bisa menjadi 30 menit.

Setiap fasilitas spa bayi memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Pada kebanyakan spa bayi, bayi Anda akan berendam di kolam bersama satu atau dua bayi lain. Air kolam yang hangat biasanya akan diganti setiap sesi berakhir. Untuk kolam bayi berusia di atas 6 bulan, airnya mungkin tidak selalu diganti setiap sesi karena sudah menggunakan teknologi saringan ozon.

Pada sesi kedua setelahnya, bayi akan dipijat oleh seorang terapis. Pijat bayi ini berlangsung selama kira-kira 15 menit. Beberapa spa membolehkan Anda atau pasangan untuk belajar memijat bayi sendiri. Namun, umumnya seorang terapis yang sudah bersertifikat akan memijat bayi Anda.

Karena aturan dan kebijakan setiap spa berbeda, sebaiknya Anda cari informasi dulu selengkapnya dan bandingkan beberapa fasilitas spa sebelum mendaftarkan bayi Anda.

Manfaat Baby Spa bagi baby

Perkembangan mental dan fisik bayi menurut berbagai penelitian, dengan Spa ternyata memang baik untuk tumbuh kembang buah hati. Berikut adalah beragam keunggulan baby spa.

Mengambang di kolam akan membantu bayi melatih keseimbangan. Mendorong perkembangan motorik dan koordinasi tubuh karena di dalam air bayi akan belajar menendang-nendang, mengayunkan tubuhnya, dan menggerakkan kedua tangannya secara lebih bebas.

Meningkatkan kekuatan otot dan tulang bayi lewat gerakan di dalam air yang tekanannya lebih besar. Berendam di dalam kolam hangat akan membuat bayi merasa lebih rileks dan tenang.

Pijat bayi juga akan mengurangi kegelisahan dan tangisan bayi, terutama ketika sedang tidur di malam hari.  Mencegah masalah pencernaan lewat pijat bayi.

Mendorong perkembangan otak lewat stimulasi sensorik. Otak akan menghasilkan sel-sel baru setiap bayi beraktivitas di kolam baby spa. Saraf-saraf otak juga akan membentuk banyak koneksi baru. karena berbagai indra bayi mendapat rangsangan berupa sentuhan dari pijat bayi, wangi dari minyak pijat, dan air hangat saat berendam. Dan belajar bersosialisasi dengan bayi lain yang berendam bersamanya.

Yang perlu diperhatikan sebelum ikut baby spa. Meskipun baby spa diyakini bermanfaat, tetapi para dokter spesialis anak tidak melihatnya sebagai suatu kewajiban.

Dilansir dari Usa Today Network, dr. Hilary McCafferty menyebutkan bahwa meskipun berendam di kolam spa bisa memberikan efek relaksasi dan stimulasi, manfaat ini juga bisa didapatkan saat bayi mandi di rumah.

Namun, jika Anda ingin mengenalkan buah hati pada pengalaman spa bayi, tidak ada salahnya untuk mencoba. Lebih lanjut, dokter anak yang tergabung dalam American Academy of Pediatrics ini mengingatkan orangtua untuk memerhatikan hal-hal ini sebelum membawa bayi ke spa.

Sebelum ikut baby spa, sebaiknya bayi sudah kenyang dan tidak sedang mengantuk. Kalau lapar dan mengantuk, bayi Anda justru tidak akan bisa menikmati sesi Spa.

Cari tahu dan tanyakan metode penyaringan air kolam, bahan kimia apa saja yang ada di dalam kolam, minyak pijat yang digunakan, dan hal-hal lainnya seputar kebersihan dan keamanan spa. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh bayi belum sempurna sehingga masih sangat rentan terhadap kuman, bakteri, dan zat kimia.

Usahakan untuk ikut baby spa bersama bayi lain yang Anda kenal dekat orangtuanya. Ini supaya Anda bisa menghindari risiko bayi Anda berendam di dalam kolam yang sama dengan bayi lain dengan masalah kesehatan tertentu yang menular.

Setiap bayi memiliki proses perkembangan yang berbeda-beda. Sebaiknya Anda menilai sendiri dengan bijak apakah bayi Anda sudah siap secara fisik dan mental untuk ikut spa bayi. Anda bisa menyiapkan buah hati untuk ikut spa dengan mengajaknya main air atau berendam saat bayi mandi. Fahmy

Komentar

News Feed