Senin, Desember 6, 2021
BerandaSosialPandemi Corona, Sudin Sosial Jakbar Siapkan Sejumlah Kegiatan Bagi PMKS di GOR...

Pandemi Corona, Sudin Sosial Jakbar Siapkan Sejumlah Kegiatan Bagi PMKS di GOR Cengkareng

Jakarta, faktapers.id – Sejumlah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di wilayah Jakarta Barat untuk sementara ditampung di Gelanggang Olahraga (GOR) Cengkareng. Hal ini sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu.

“Hingga pukul 15.30 WIB, terdapat 30 orang PMKS, 10 orang perempuan dan 20 orang laki-laki. Dua di antaranya akan dipulangkan dengan persyaratan serta satu orang dirujuk ke RS Duren Sawit, Jakarta Timur karena klasifikasi ODMK,” kata Kepala Sudin Sosial Jakarta Barat, Mursidin saat dikonfirmasi, Kamis (30/5).

Mursidin merinci, pihaknya telah menyiapkan serangkaian agenda bagi PMKS selama masih tinggal di GOR Cengkareng, sembari menunggu hasil identifikasi untuk dipulangkan ke tempat tinggal atau keluarganya, sesuai dengan arahan Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah dan Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi.

Adapun kegiatan yang disiapkan pada pagi hari adalah salat Subuh bagi yang beragama Islam, kerja bakti, membersihkan diri (mandi/mencuci pakaian), sarapan, dan berjemur sambil olahraga.

“Masuk pukul 09.00 pagi, kami mengadakan bimbingan mental sosial, ada juga bimbingan spiritual, serta permainan sederhana. Sebenarnya kurang lebih hampir sama seperti di panti. Kami menyediakan snack dan makanan siap saji juga,” tuturnya.

Terkait pemeriksaan kesehatan maupun rapid test, sambung Mursidin, sudah ada 13 orang yang menjalankan rapid test.

“Hari Kamis (30/4) merupakan rapid test ketiga bagi PMKS. Tadi rapid test berlangsung pukul 10.00 WIB. Ada 13 PMKS yang jalani rapid test. Sementara PMKS selebihnya, sudah dilakukan rapid test beberapa hari lalu,” terang Mursidin.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Direktur NAPZA, Kementerian Sosial RI HM Nur Soleh, selaku Koordinator Wilayah Jakarta Barat terkait penanganan PMKS.

“Tadi ada Pak Direktur NAPZA, beliau memberikan bantuan tahap awal berupa APD petugas 10 buah, hand sanitizer 1 dus, dan masker untuk PMKS,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Kristi Wathini mengatakan, saat ini rapid test telah menjadi standar operasional prosedur (SOP) perawatan PMKS.

“Jadi setiap ada temuan PMKS sekarang mereka harus jalani tes Covid-19 dengan rapid test,” ujar Kristi dihubungi, Rabu (29/4).

Kristi mengatakan jika hasil rapid test PMKS negatif maka akan dirawat di GOR Cengkareng. Namun jika hasil rapid test positif maka mereka akan dirujuk ke Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. (MAN)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments