Headline

Panglima Kolinlamil Ikuti Final Brief Kasal dan Peluncuran Buku

×

Panglima Kolinlamil Ikuti Final Brief Kasal dan Peluncuran Buku

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id -Panglima Komando Lintas Laut Militer  (Kolinlamil) Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono mengikuti final briefing Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji kepada seluruh Pimpinan Kotama TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia melalui video conference (vicon) di Ruang Puskodal Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara yang tersambungkan dengan Wisma Elang Laut (WEL), Jl. Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/5).

Selesai memberikan briefing di penghujung masa tugasnya, Kasal meluncurkan buku karyanya berjudul “Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya Untuk Kejayaan Angkatan Laut”.

Di tengah Pandemi Covid-19 seperti ini, video conference adalah sarana paling efektif digunakan untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang bersifat koordinatif, sehingga program kegiatan yang telah direncanakan tetap dapat berjalan. Sehingga program pemerintah dalam melaksanakan social and physical distancing terus berjalan.

Dalam pengarahannya Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengatakan, sebagai pejabat negara pengemban undang-undang dan kepercayaan rakyat Indonesia, merasa terpanggil untuk mengingatkan serta meneruskan harapan dan cita-cita para pendahulu dan pendiri bangsa (founding fathers), untuk membangun jiwa dan raga Angkatan Laut melalui memoar yang dituangkan dalam sebuah buku “Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya Untuk Kejayaan Angkatan Laut”.

“Sebagai generasi penerus yang tidak mengalami perjuangan merebut kemerdekaan bangsa, kata “Merdeka” dan kalimat “Mengisi Kemerdekaan” yang sering didengar hanya merupakan sebuah kata dan kalimat yang terkait dengan sejarah bangsa Indonesia,” kata Kasal.

Hal itu dapat dilihat melalui timeline sejarah perjuangan bangsa yang sangat panjang berupa pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa yang gugur menumpahkan darah suci demi keinginan terbebas dari belenggu bangsa lain selama berabad-abad.

Sementara itu, selain menyampaikan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, Kasal juga menjelaskan pembangunan postur TNI AL jangka Panjang selama 25 tahun yang merupakan kesatuan dari rangkaian Perencanaan Strategis (Renstra) setiap 5 tahunan, di mana dalam Renstra tersebut TNI Angkatan Laut akan membangun kekuatan Angkatan Laut sebagai sebuah kekuatan yang siap dioperasionalkan (Operational Ready Force) yang akan dicapai di tahun 2024.

Turut hadir dalam acara secara virtual tersebut para Pangkotama dan pejabat utama di lingkungan TNI AL. (Han)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *