Headline

PSBB Meski Berjalan Baik, Polres Gowa Akan Terus Memperketat Pengawasan

×

PSBB Meski Berjalan Baik, Polres Gowa Akan Terus Memperketat Pengawasan

Sebarkan artikel ini

Gowa, faktapers.id – Satu pekan Kabupaten Gowa telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Berdasarkan jadwal yang direncanakan, Gowa akan menerapkan PSBB selama 14 hari. Tersisah 7 hari lagi.

Pelaksanaan PSBB di Kabupaten Gowa menjadi banyak perhatian publik. Pasalnya, kebijakan yang tegas menjadikan social distancing dan protokol kesehatan lainnya benar-benar berjalan dengan baik dan maksimal di Kabupaten Gowa.

Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola yang dikonfirmasi mengapresiasi dan membakar semangat petugas PSBB, khususnya personil dari jajaran Polres Gowa. Dia mengatakan, selama kurang lebih satu pekan, pelaksanaan PSBB berjalan dengan maksimal dengan capaian yang terukur.

“Saya tau dan paham rekan-rekan semua dan seluruh anggota sudah maksimal, capek dan sebagainya. Tapi tetap semangat rekan-rekan. Ini adalah kegiatan kemanusiaan, semoga menjadi ladang amal bagi kita semua, terutama di Bulan Ramadhan ini. Amin,” kata Boy Samola, Minggu (10/5/2020).

Meski begitu Boy mengatakan bahwa memang masih perlu memperketat beberapa langkah penerapan PSBB. Apalagi, pelaksanaan PSBB tahap 2 Kota Makassar yang berbatasan langsung dengan Gowa melonggarkan beberapa aturan.

“Pelaksanaan PSBB kita akan lebih berat dengan adanya perubahan kebijakan Kota Makassar dalam PSBB tahap 2 yang melonggarkan beberapa aturan,” katanya.

Perihal kelanjutan penerapan PSBB mengimbau kepada seluruh personil, khususnya jajaran Polres Gowa untuk memperketat beberapa langkah pelaksanaan PSBB.

“Kita harus melibatkan semua sumber daya, serta tokoh-tokoh yang ada sampai tingkat RT dan RW. Perketat penjagaan terutama di jalan atau lorong tempat warga yang positif dengan melibatkan lurah, kepala desa, RT, RW, FKPM dan relawan,” kata Boy Samola, Minggu (10/5/2020).

Selain itu, masih diperlukan penjagaan di pos perbatasan terutama di 5 pos utama yang berbatasan dengan Kota Makassar.

“Untuk waktu yang rawan, personelnya diatur khusus. manfaatkan personel lain khusus yang beragama Nasrani sebagai alternatif untuk tetap melakukan pemeriksaan pada waktu yang rawan,” ungkap Boy.

Boy juga mengimbau kepada unit patroli untuk menindak tegas pelanggar PSBB. Tak hanya itu, unit patroli juga diminta untuk pro aktif mendeteksi dan membagikan paket sembako dan masker kepada masyarakat pra sejahtera.

“Terpenting, utamakan keselamatan dan kesehatan personel, tetap pakai masker, pakai sarung tangan untuk pemeriksa dan upayakan selalu jaga jarak,” demikian Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola.(Kartia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *